Muda-mudi dari Kota Balikpapan yakni Muhammad Nizam Ihsan Fadil dan Arum Jantira Larasati dinobatkan sebagai Duta Wisata Kaltim 2024 pada ajang pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kaltim oleh Dinas Pariwisata setempat.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Samarinda, Minggu, mengatakan pemilihan Duta dan Puteri Pariwisata ini diharapkan dapat mempromosikan potensi wisata yang dimiliki daerah.

”Ajang ini untuk mempersiapkan anak muda untuk bertransformasi di banyak sektor, terutama Pariwisata” ujar Akmal.

Akmal menambahkan generasi muda Kaltim harus siap menghadapi tantangan apalagi IKN sudah berada di Kaltim sehingga mereka harus siap dan konsisten dalam meningkatkan kapasitas diri.

Grand Final Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kaltim 2024 dengan tema "Atma Jenggala Nusantara" itu dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda pada Sabtu malam.

Kegiatan bergengsi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata se-Kaltim, anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian, perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat IKN, Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif IKN, serta Sekretaris Dinas Pariwisata Kaltim.

Orang tua finalis dan para penonton juga turut hadir dengan antusias untuk memberikan dukungan kepada para finalis yang bersaing memperebutkan gelar prestisius ini.

Sebanyak sembilan pasang finalis Duta Wisata dan sembilan finalis Putri Pariwisata, yang telah melalui seleksi ketat serta berbagai pelatihan, unjuk kebolehan di malam puncak.

Penilaian para finalis didasarkan pada penampilan, bakat, serta wawasan mereka mengenai pariwisata dan budaya Kalimantan Timur.

Nominasi yang diberikan dalam ajang ini meliputi berbagai kategori seperti Persahabatan, Favorit, Best Presentation, Best Video Profile, Best Advocacy, Best Social Media, Best Performance, dan Intelegensia.

Pada malam grand final, Muhammad Nizam Ihsan Fadil dan Arum Jantira Larasati dari Balikpapan berhasil dinobatkan sebagai Duta Wisata Kaltim 2024.

Sementara itu, gelar Putri Pariwisata Kaltim 2024 diraih oleh Nabila Putri Giswatama dari Penajam Paser Utara.

Para pemenang diharapkan dapat berkontribusi dalam mempromosikan pariwisata dan budaya Kalimantan Timur, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024