Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur memberikan penghargaan kepada para Arsiparis Teladan 2024 tingkat provinsi yang dilombakan dari 10 kabupaten/kota.
 
"Penganugerahan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan, khususnya para arsiparis, agar mampu menghadapi tantangan globalisasi dengan kompetensi, dedikasi, integritas, dan kinerja yang baik," ujar Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin di Samarinda, Senin.
 
Ia menyatakan bahwa pemilihan arsiparis teladan menjadi kesempatan penting memotivasi para arsiparis agar terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, profesionalitas, dan sikap kerja.
 
"Melalui penghargaan ini, diharapkan tercipta arsiparis yang tidak hanya andal dalam mengelola arsip, tetapi juga menjadi teladan bagi rekan kerja di lingkungannya," ujarnya.
 
Ia menegaskan pemerintah memberikan apresiasi tinggi terhadap peran arsiparis karena mereka bertugas menyimpan dan mengelola arsip sebagai bukti sejarah bangsa.
 
"Tanpa arsip, kita akan kehilangan data-data penting," kata Ivan --sapaan akrabnya,
 
Pihaknya berharap, penghargaan ini dapat meningkatkan minat aparatur pemerintah di bidang kearsipan.

Dengan adanya pengakuan atas prestasi para arsiparis, katanya, maka dapat memotivasi lebih banyak aparatur yang peduli terhadap kearsipan di lingkungan kerjanya.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini sekaligus menjadi ajang memupuk semangat berkompetisi bagi seluruh arsiparis di Kalimantan Timur.
 
"Semoga penganugerahan ini dapat memotivasi para arsiparis untuk terus berkembang dan berprestasi serta ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2025 mendatang," ucap dia.

Ketua Dewan Juri Lomba Arsiparis Teladan Kalimantan Timur 2024  Aswin menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh arsiparis yang telah berpartisipasi dalam ajang tersebut.
 
Ia menekankan bahwa predikat teladan bukan sekadar label, melainkan cerminan dedikasi dan profesionalisme para arsiparis dalam mengelola arsip.

Ia mengingatkan para arsiparis bangga dengan profesi dan tidak merasa terpinggirkan.
 
"Jangan ada perasaan bahwa saya ini dibuang menjadi arsiparis, jangan. Kita harus bangga," katanya.
 
Menurut Guru Besar Unmul itu, peran arsiparis sebagai vital meskipun seringkali luput dari perhatian.
 
"Saya kira arsiparis teladan pada tahun ini sangat bagus sekali, mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi," katanya.
 
Para pemenang Anugerah Arsiparis Teladan Kaltim 2024, yakni juara 1 Mahmuda Sara Sira Deivi (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara), juara 2 Achmad Zaenuti (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Penajam Paser Utara), juara 3: Euis Dini Miharjawati (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bontang.

Selain itu, juara harapan 1 Hastati Paturisi (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim), harapan 2 Lydia Martharina Afida (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kaltim), harapan 3 Kirana Pares Wari (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda), dan peserta favorit Aswin Rahmani (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKAD) Provinsi Kalimantan Timur).

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024