Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan Nusantara TNI Fun Run menunjukkan kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi Ibu Kota baru di Indonesia.

"Ini dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa IKN sudah siap," kata Dito yang turut hadir dalam agenda yang digelar bersamaan dengan HUT TNI di Kota Nusantara, Minggu (6/10).

Melalui Nusantara TNI Fun Run, menurut Dito bisa menunjukkan kepada masyarakat progresifnya pembangunan di IKN.

"Dari agenda ini menunjukkan seperti apa perkembangan di IKN, bisa dilihat di dekat saya ini ada Exelso, ini menunjukkan betapa bagusnya perkembangan pembangunan di IKN," katanya.

Dito mengaku bahagia melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti rangkaian agenda tersebut cukup tinggi.

"Ini perdana, dan saya sangat bahagia ada 3 ribu lebih peserta yang ikut," ucapnya.

Dito menambahkan, melihat antusiasme masyarakat dan positifnya pembangunan di Kota Nusantara tidak menutup kemungkinan agenda fun run menjadi agenda tahunan di Kota Nusantara. 

"Tidak ada salahnya ini dijadikan agenda rutin tahunan agar masyarakat juga dari segala penjuru dunia bisa merasakan suasana Ibu Kota Indonesia yang baru," tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari Balikpapan Raihana Salsabila menilai Nusantara Fun Run cukup baik untuk memperlihatkan Kota Nusantara lebih jauh.

"Memang sebelumnya kan sudah dibuka untuk umum, tapi kan tidak bisa sejauh ini sampai benar-benar di depan istana, dan hari ini bisa merasakan langsung seperti apa di depan istana negara," ungkapnya.

Raihana menuturkan berlari di IKN memberikan pengalaman baru dimana terapat berbagai perbedaan bila ia berlari di Balikpapan.

"Bila di Balikpapan lari tmasih ada kendaraan, dan disini bersih kendaraan dan jalannya luas banget," katanya.

Dia berharap agenda serupa bisa kembali digelar di Kota Nusantara dan bisa dihadiri oleh lebih banyak lagi masyarakat.

Sebelumnya, peserta Nusantara TNI Fun Run dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo tepat di jalan depan Istana Negara Garuda Nusantara sekitar pukul 06.00 WITA.

Peserta menempuh rute sejauh 5 kilometer dan melalui berbagai landmark di Kota Nusantara salah satunya adalah Taman Kusuma bangsa.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024