Anggota DPRD Balikpapan Dapil Balikpapan Selatan Budiono berpesan agar generasi muda menghayati Pancasila untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila itu digali dari bumi Pertiwi, Pancasila itu sebagai dasar negara dan ideologi negara Indonesia, maka harus kita amalkan dan dimaknai dalam kehidupan sehari-hari," katanya dalam momentum memperingati hari kesaktian pancasila, Selasa (1/10).

Menurut Budiono, generasi muda itu adalah harapan bangsa, oleh sebab itu ia juga berpesan agar generasi muda berpedoman terhadap Pancasila.

Anggota fraksi PDIP perjuangan itu mengemukakan, di Pancasila itu terdapat 5 dasar negara yang diakui diseluruh Indonesia bahkan dunia.

"Dalam 5 dasar negara itu dijelaskan bagaimana tentang keberagaman, toleransi kita dalam beragama, kemudian bagaimana keadilan sosial bagaimana dengan persatuan Indonesia," ungkapnya.

Di sisi lain, Budiono juga mengakui ideologi negara Indonesia itu kini mulai tergerus dengan budaya luar sejalan dengan perkembangan zaman.

Oleh sebab itu, sebagai wakil rakyat Budiono menegaskan tidak akan pernah bosan untuk mensosialisasikan ideologi tersebut.

Menurutnya, sosialisasi tidak hanya dilakukan melalui agenda seremoni, tapi sebagai wakil rakyat bisa mencontohkan dalam memaknai pancasila.

"Sosialisasi itu dimulai dari diri kita sendiri sebagai wakil rakyat dengan memberi contoh untuk saling menghormati," demikian Budiono. (adv)

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024