Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Paser menggelar pelatihan penangkapan ikan bagi para nelayan Desa Harapan Baru, Kecamatan Tanah Grogot.

Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari mulai 30 September hingga 2 Oktober 2014 itu bekerja sama dengan Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang. 

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Paser, Ahmad Zulkifli, Rabu mengatakan, pelatihan diadakan untuk meningkatkan ketrampilan nelayan seperti merakit, merawat dan mengoperasikan alat tangkap.

"Produktivitas nelayan sangat dipengaruhi oleh ketrampilan dan pengetahuan," kata Zulkifli.

Selain itu kata dia, dalam pelatihan tersebut, para peserta diperkenalkan dengan inovasi teknologi penangkapan ikan yang sesuai kondisi  di Kabupaten Paser.

"Dengan inovasi teknologi, penggunaan alat-alat produksi nelayan bisa lebih optimal," katanya.

Dalam pelatihan itu, para peserta mendapatkan materi antara lain pengenalan alat-alat penangkap ikan, perencanaan pelayaran, menjangka peta, rancang bangun "gill net millenium" dan pembuatan bubu rajungan/kepiting tipe kubah.

“Komposisi pelatihan, 30 persen teori dan 70 persen praktik, dengan metode diskusi dan tanya jawab, " kata Zulkifli.

Sementara Baithus Sjarif, pemateri dari BBPPI Semarang, mengatakan salah satu misi BBPPI Semarang adalah mewujudkan perekayasaan teknologi perikanan tangkap yang inovatif dan bertanggung jawab .

Selain itu juga kata dia, untuk meningkatkan akses informasi dan penyebaran teknologi inovatif kepada masyarakat perikanan tangkap. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014