Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menargetkan mampu mempertahankan 5 besar dalam PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara pada 8-20 September, dengan perolehan minimal 35 medali emas.

"Hasil koordinasi dengan KONI Kaltim, target kami realistis antara 35-40 medali emas. Target ini berdasarkan hasil evaluasi teknis setelah pemusatan pelatihan daerah (pelatda) dan spot intelijen," kata Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Selasa.

Terdapat beberapa cabang olahraga (cabor) yang ditarget mendulang beberapa emas di masing-masing nomor tanding, seperti cabor gulat, layar, kempo, silat, panahan, anggar, menembak, sepatu roda, catur, taekwondo, hoki, dan sport.

Sedangkan berdasarkan hasil Kualifikasi PON pada 2023 lalu, lanjut ia, terdapat 50 cabor yang mendapat medali, sehingga semua cabor tersebut terus digembleng dalam pelatda karena hal ini juga menjadi salah satu alat ukur untuk memperoleh medali dalam PON 2024.

Ia optimis target ini tercapai karena sesuai dengan hasil evaluasi teknis, ditambah dengan adanya spot intelijen yang telah melakukan penilaian kekuatan tim lawan, dikuatkan dengan gemblengan mental, pemusatan latihan, dan lainnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pemprov Kaltim mengeluarkan anggaran Rp175 miliar untuk PON 2024 dengan kegiatan mulai dari pelatda, makan minum, penginapan, uang saku atlet dan pelatih, keberangkatan ke Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), hingga biaya kontribusi per orang dalam PON 2024.

"Anggaran ini tentu cukup besar, maka kami minta atlet menampilkan prestasi terbaik, jaga sportifitas, jaga nama baik Kaltim, saat bertanding mental harus tenang dan selalu waspada," katanya.

Sementara Ketu Koni Kaltim Rusdiansyah Aras mengatakan, jumlah kontingen PON Kaltim sebanyak 659 atlet, dengan rincian sebanyak 320 atlet akan berlaga di Sumut dan sebanyak 227 atlet akan berlaga di Aceh.

Sedangkan jumlah pelatih  sebanyak 155 orang, manajer 61 orang, kemudian ofisial dan tenaga kesehatan sebanyak 264 orang, sehingga total kontingen PON Kaltim yang berangkat sebanyak 1.155 orang.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024