Pemerintah Kota Balikpapan mengerahkan purna Paskibraka untuk menyambut kirab duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk kembali di bawa ke Istana Negara Jakarta melalui Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.
 
"Mereka adalah purna Paskribraka tahun 2023 yang kembali kami tugaskan," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma, di Balikpapan,Sabtu (31/8).
 
Dia mengatakan purna Paskibraka yang dikerahkan berjumlah 38 orang, mereka akan menyambut bendera dari tim Paskibraka yang dari IKN untuk di bawa ke Jakarta.
 
"Mereka semua sudah siap, sebelumnya telah dilaksanakan gladi berlatih sejak hari Kamis," jelas Ratih.
 
Selain mengerahkan para purna Paskibraka, kata Ratih  pihaknya juga mengerahkan dua pasang duta wisata serta 12 penari rebana dari Kota Balikpapan.
 
"Dalam kirab ini, juga ada 10 duta budaya dari Provinsi dengan menggunakan pakaian adat  se kabupaten/kota di Kalimantan Timur," katanya.
 
Hingga informasi ini diturunkan, duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi itu kini tengah dalam perjalanan menuju Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan  dengan rute IKN- jalan nasional- Tol Samboja-tol Manggar sebelum tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan..
 
Di luar Bandara VVIP nampak sejumlah pelajar menggunakan seragam Pramuka kembali disiapkan untuk menyambut kirab duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi.
 
Duplikat bendera pusaka dibawa oleh Kachina Ozora Paskibraka asal Kalimantan Tengah, dan teks proklamasi dibawa oleh Sabrina Rohaina Paskibraka asal DKI Jakarta.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024