Kebakaran kembali hanguskan ratusan kios di Pasar Pagi Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutim mengungkap kerugian hingga Rp10 miliar.

“Saat ini api sudah bisa di padamkan dan Dalam peristiwa kebakaran pasar tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan lebih Rp 10 miliar,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Kutai Timur Idris Syam, saat dihubungi melalui telpon, Kamis.

Ia melaporkan kebakaran di Pasar Pagi Sangkulirang terjadi sekitar pukul 01.00 WITA. Pada awalnya api terlihat  dari kios lorong ketiga sebelah utara Pasar Pagi Sangkulirang.

Cuman beberapa waktu, api tersebut mulai membesar dan menjalar ke beberapa toko lainnya.

Pemadam kebakaran dan masyarakat Sangkulirang berusaha untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar dengan menggunakan Mobil Pemadam, Alkon Air/Pemadam gerobak, Serta Kapal laut yang di berdayakan untuk memadamkan api tersebut.

“Dikarenakan bangunan pasar yang berdekatan dan atap bangunan yang saling berkaitan, serta bahan bangunan pasar yang terbuat dari kayu, api mudah menjalar dan menghanguskan seluruh bangunan,” katanya.

Lebih lanjut, Idris menyampaikan kebakaran tersebut berlangsung selama 4,5 jam. Ia juga melaporkan, hingga saat ini pihaknya masih mencari penyebab kebakaran yang menghanguskan sekitar 338 kios itu.

“Tidak menutup kemungkinan penyebab kebakaran ini terdapat unsur kesengajaan dan pidana yang sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Idris.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024