Para pelajar di Kota Balikpapan menyambut kirab duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi di sepanjang jalan menuju Ibu Kota Nusantara, Sabtu.

Pantauan ANTARA, para pelajar dengan seragam Pramuka itu telah berjejer dari depan pintu masuk Bandar Udara VIP Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, sebagian dari mereka juga mengibarkan bendera Merah Putih.

"Sekira 10 ribu pelajar siap menyambut kirab Bendera Pusaka. Kami terus memantau para pelajar karena perkiraan akan ada lagi ribuan pelajar yang menyambut, bersama orang tua mereka," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Irfan Taufik kepada ANTARA melalui sambungan telepon.

Salah satu guru dari SMA Negeri 5 Balikpapan Tyas, mengatakan terdapat sekira 400 siswa dari sekolah itu yang turut menyambut kirab bendera.

"Mereka siswa satu angkatan, kelas 11," katanya.

Baca juga: Bendera Pusaka diambil dari Monas dengan kirab untuk HUT RI di IKN

Tyas menilai kehadiran para siswa menyambut bendera pusaka Merah Putih di Bailkpapan menunjukkan patriotisme para pemuda tinggi.

"Dalam kurikulum merdeka, para pelajar harus menjunjung tinggi nilai Pancasila. Kegiatan itu menjadi salah satu implementasi kurikulum tersebut," ujarnya.

Tyas mengaku para pelajar sangat antusias menyambut kirab tersebut.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden (Setpres) menginformasikan duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih berikut teks proklamasi akan dikirim menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, melalui prosesi kirab.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta, Jumat, mengatakan prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa menuju Halim dengan maung

"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa pukul 08.00 WIB dari Monumen Nasional, Jakarta ke IKN melalui pelaksanaan kirab," katanya.

Kirab tersebut dimulai dari Monas menggunakan iring-iringan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kata Yusuf, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024