TENGGARONG - Keikutsertaan talent Tenggarong Kutai Carnival (TKC) pada event nasional Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) ke I di Jember Jawa Timur akhir pekan tadi, membangkitkan gairah dan semangat TKC untuk terus berkarya.

"Itu bagaikan mengkonsumsi minuman berenergi yang manjur, kami terpacu untuk terus maju mengembangkan kreatifitas bidang kostum maupun karnival secara keseluruhan," ujar ketua TKC Nor Fajri, Kamis (28/8).

Salah satu manfaat yang didapatkan di Jember kata dia yakni, pengembangan pembuatan kostum. 

Menurut Nor, ada teknik baru yang belum pernah dilihat maupaun dipakai TKC dalam membuat kostum karnaval, teknik baru tersebut tentunya akan diterapkan para talent TKC saat membuat kostum kedepannya.

Selain itu semangat dan totalitas berkarnaval para talent baik dari Jember dan daerah lainnya yang mengikuti WACI, dikatakan Nor menjadi motivasi khusus talent TKC untuk menjadikan carnival sebagai sesuatu yang membanggakan.     

"Tak kalah pentingnya adalalah pembelajaran manajemen pengelolaan karnaval khususnya dari teman-teman JFC (Jember Fashion Carnaval) yang sedikit-demi sedikit akan kita terapkan di TKC," ujarnya.

Satu-satunya talent TKC Wiwin Gunawan berkesempatan ikut serta dalam JFC Artwear Fallwinter dengan tema Phoenix.  

Wiwin mengatakan dengan persiapan seminggu saja sebelum tampil, dirinya mendesain sendiri costum dengan bahan utama kain corak Ulap Doyo.

"Untuk tampil bersama-sama JFC, suatu kebanggan bisa memperkenalkan salah satu kain khas Kukar yang saya buat menjadi kostum musim dingin, kemudian ditampilkan pada event besar," ujar Wiwin yang juga ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Kaltim itu.

Kedepannya baik Nor Fajri maupun Wiwin Gunawan bertekad terus memajukan TKC maupun carnaval di Kaltim sebagai salah satu cara untuk menarik minat pengunjung, yang berdampak pada usaha ekonomi kreatif masyarakat.  

Tahun ini TKC akan menggelar "show time" ke-3 pelaksanakan carnaval berstandar nasional di Tenggarong, pada 18 Oktober 2014 dengan mengangkat tema kostum Enggang, Mangrove dan Tikar Purun.

"Insya Allah 'show time' pada 18 Oktober 2014 akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Wiwin.

Di tahun kedua kiprahnya bercarnaval, TKC telah menorehkan prestasi internasional untuk tampil mewakili Indonesia dalam Turnament of Roses Parade di Pasadena, Los Angeles, Amerika Serikat, awal 2014.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014