Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Pemerinta Kota Balikpapan diminta siapkan tim rebana untuk menyambut kirab replika bendera pusaka dan teks proklamasi.

"Arahan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, kami bertugas untuk menyiapkan tim rebana untuk menyambut itu," jelas Kepala DPOP Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma, Rabu.

Bendera pusaka dan teks proklamasi itu, rencananya tiba di Kota Balikpapan melalui Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan pada 10 Agustus mendatang sebelum di bawa menuju Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ratih mengaku sebagai persiapannya, dari DPOP sudah mempublikasikan persiapan tersebut kepada Dinas Pariwisata Provinsi dalam sebuah pertemuan.

Selain menyiapkan tim rebana, Ratih mengatakan Kota Balikpapan juga berencana menampilkan kesenian lokal yang melibatkan seluruh penggiat seni di Kota Balikpapan.

"Yang ini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi serta Sekretariat Negara (Setneg)," ujarnya.

Ratih mengemukakan, pihaknya berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik sebagai kota yang pintu gerbang menuju Kota Nusantara.

"Para tamu yang menuju Kota Nusantara melalui Balikpapan, jadi kami harus siap menyambut mereka," tutur Ratih.

Ratih menegaskan Kota Balikpapan sudah siap menyambut tamu, baik dari fasilitas penginapan seperti hotel hingga pintu masuknya yaitu yang tentunya juga tetap dalam pengawasan DPOP.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur (Kaltim) juga sudah mempersiapkan 40 pasukan dari purna Paskibraka Kaltim untuk prosesi Kirab Bendera Pusaka dari Bandara Balikpapan menuju Kota Nusantara.

"Purna Paskibraka Kaltim telah kami persiapkan menyambut kedatangan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dan mengawalnya menuju IKN. Sebelum 10 Agustus, kami pastikan mereka sudah berada di sana," ujar Sekretaris Badan Kesbangpol Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan.

Selain melibatkan Purna Paskibraka, Kesbangpol juga bertugas memfasilitasi mobilisasi transportasi serta berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara untuk memasang umbul-umbul di sepanjang jalur kirab.

Jalur kirab yang dimaksud meliputi ruas jalan dari Bandara Balikpapan menuju tol, hingga akhirnya tiba di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Kami berharap dengan adanya kirab bendera pusaka ini, semangat patriotisme masyarakat Kaltim semakin berkobar. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas," tambah Firdaus.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024