Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan melakukan renovasi dengan mengeraskan landasan pacu menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pengerasan landasan pacu ini menyusul tingginya frekuensi penerbangan di  Bandara Sepinggan," kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shabab, Sabtu (27/7).

Syaugi menyebutkan, frekuensi penerbangan belakangan ini  mencapai angka 150 penerbangan, dimana sebelumnya hanya 120 penerbangan.

Menurut Syaugi, landasan pacu ini merupakan salah satu area kritis yang dilewati pesawat, terlebih sejak awal Juli lalu penumpang di Bandara SAMS Sepinggan mengalami lonjakan.

"Biasanya kisaran 4 ribuan, tapi dari awal Juli  mencapai sekitar 6 ribuan penumpang," jelasnya.

Dikemukakannya, pengerasan landasan pacu  berlangsung sejak awal  Juli lalu dan di targetkan rampung pada 10 Agustus 2024.

"Meski cuaca di Kota Balikpapan kerap terjadi hujan, tapi kami optimis bisa selesai tepat waktu," tutur Syaugi.

Ia menambahkan, pengerjaan pengerasan landasan pacu ini mencakup beberapa tahap penting. Masih ada beberapa titik yang perlu diperbaiki, termasuk marka dan area ujung landasan pacu..

Setelah area landasan pacu utama rampung, maka kembali difokuskan pada sisi kiri dan kanan area tersebut,.

Menurutnya, dengan pengerasan landasan pacu, maka hal itu menunjukkan komitmen dalam mendukung peningkatan jumlah penerbangan dan menjaga keselamatan operasional penerbangan.

"Saya harap Bandara Sepinggan dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa dan mendukung pertumbuhan aktivitas di IKN," ujar Syauqi.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024