Bulungan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 17 siswa-siswi se-Kalimantan Utara dinyatakan lolos mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Bekasi, Jawa Barat.

Bagi siswa siswi calon taruna yang dinyatakan lolos seleksi untuk diploma III jurusan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP), rencananya akan diberangkatkan untuk registrasi di Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (22/8), ujar Ketua Panitia seleksi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kalimantan Utara, Dhani Karya Rajasha di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Rabu.

Kemudian bagi siswa siswi yang lolos pada diploma III jurusan Lalu Lintas Angkutan Darat (LLAJ) dan diploma IV jurusan Transportasi Darat akan diberangkatkan pada awal September menuju Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi, dari 17 orang siswa siswi tersebut akan menempuh pendidikan diploma tiga (DIII) pada jurusan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Palembang dan jurusan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) serta diploma empat (DIV) untuk jurusan Transportasi Darat di Bekasi," kata dia.

Dhani Karya Rajasha menjelaskan, sebanyak 150 orang dari lima kabupaten/kota yang mengikuti seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Utara dan 17 orang yang dinyatakan berhak mengikuti pendidikan di STTD.

Sebelum memasuki kampus STTD, menurut Dhani Karya Rajasha mengatakan, terlebih dahulu melakukan pendaftaran ulang sekaligus pengecekan dengan memperlihatkan kartu tes, Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian (SKCK), ijazah asli dan nilai ujian nasional asli.

Selain itu, lanjut dia, calon taruna ini juga akan mengikuti pengukuran tinggi badan sekaligus pengukuran pakaian dinas harian dan kelengkapan lainnya.

Mengenai biaya pendidikan bagi mereka (calon taruna) sebagian ditanggung oleh pemerintah pusat melalui APBN sedangkan biaya awal pendidikan dan asrama selama menempuh pendidikan dibebankan kepada orangtua masing-masing.    (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014