Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan arsip dinamis untuk siswa SMK guna membekali dan menjaring arsiparis muda agar siap bekerja.
 
"Bimtek yang diikuti 100 siswa SMK dengan didampingi guru pendamping ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan DPK Kaltim," kata Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin di Samarinda, Selasa.
 
Dia menjelaskan bahwa program ini sudah dicanangkan sejak 2022 dan merupakan upaya untuk menambah jumlah pengelola arsip di Kaltim.
 
“Kita percaya potensi siswa SMK dapat siap turun ke dunia kerja. Di sekolah pun mereka sudah dekat dengan mengenal dan mengelola arsip walau dasar-dasarnya saja. Apabila kita kembangkan dan arahkan jumlah arsiparis Kaltim bisa meningkat melalui peran SMK,” papar Syafranuddin.
 
Ia melanjutkan, bimtek pengelolaan arsip akan kembali digelar hingga mencapai 300 siswa. Ke depan, pihaknya melanjutkan program serupa dua kali lagi dan setiap bimtek disediakan kuota sebanyak 100 siswa.
 
Menurut Syafranuddin, pengelolaan arsip membutuhkan kompetensi khusus melalui pembekalan, sosialisasi, dan bimbingan teknis. Dengan memperkenalkan arsip secara dini kepada pelajar, ia berharap dapat memperkuat keterampilan siswa yang siap untuk magang maupun bekerja pada OPD di Kaltim dengan kemampuan mengelola arsip.
 
Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan dan Tenaga Kearsipan (PKTK) DPK Kaltim Diana Rosalita turut mengapresiasi sekolah yang mendukung para siswa untuk dibekali ilmu kearsipan.
 
“DPK Kaltim turut membantu berkontribusi atau bekerja sama apabila sekolah menginginkan sesi sharing dengan siswa mengenai cara kerja bidang kearsipan,” ucap Diana.
 
DPK Kaltim juga membuka program magang sebagai sarana belajar dan mendapatkan pengalaman bagi siswa apabila ingin belajar mengenai arsip dinamis dan statis.
 
Bimtek dibuka dengan persembahan tari Jepen serentak oleh Bhakti Nusantara Kalimantan Timur. Bimtek menghadirkan narasumber Arsiparis Ahli Muda Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Putri Afifddah Derny.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024