Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian  (Diskominfostaper) Kabupaten Paser berencana memasang  10 unit Closed-Circuit Televison (CCTV)  di Kota Tanah Grogot dalam rangka penerapan Paser Smart City.

“Ada 10 titik  yang akan dipasang CCTV, ”  kata Kabid Teknologi Komunikasi Informatika Diskominfostaper, Siti Marnita Sari, di Tanah Grogot, Selasa (16/7)  usai  rapat membahas penentuan titik pemasangan CCTV. 

Rapat tersebut diikuti Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Paser AKP Toni Joko Purnomo, Kepala Satpol PP Paser M. Guntur, dan perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub).

Marnita mengatakan pengadaan 10 unit CCTV  dianggarkan pada APBD-Perubahan tahun 2024.

“Besok kami akan survei  lokasi-lokasinya,” ujarnya.

Sementara Kepala Satpol PP Paser, M. Guntur, mengatakan keberadaan CCTV di Kota Tanah Grogot sangat mendukung tugas Satpol PP dan kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Adanya CCTV ini bisa  meringankan pengawasan kami,” katanya.

Terkait pemasangan sejumlah titik tersebut, Guntur mengatakan telah  mengusulkan pemasangan CCTV di Pasar Senaken, Taman Kota, depan Kandilo Plaza arah jalan R.A Kartini, sekitar SPBU, Gentung Temiang, jembatan sungai Tuak yang mengarah ke wisata belanja, dan Jalan Yos Sudarso atau kawasan Siring Kandilo.

Menurutnya  sejumlah titik tersebut merupakan lokasi yang rawan terjadinya gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Kalau di jalan Yos Sudarso memudahkan kami mengawasi pedagang  kaki lima, karena kami melarang mereka untuk berdagang di daerah tersebut,” ucap Guntur.

Kasatlantas Polres Paser, AKP Toni Joko Purnomo, menambahkan selain lokasi-lokasi yang telah disebutkan  Kepala Satpol PP,  pihaknya juga mengusulkan penempatan unit CCTV di Perumahan Tapis.

“Kami usulkan dipasang CCTV di Perumahan Tapis. Kemudian di sepanjang Tepian Kandilo minimal terpasang tiga unit CCTV,” tuturnya.  (Adv)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024