PT Pamapersada Nusantara Distrik BAYA (PAMA BAYA) bersama Customer  PT Jembayan Muarabara (JMB) dan PT Khotai Makmur Insan Abadi (KMIA) berkomitmen  memajukan program di bidang pertanian,  salah satunya di Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Komitmen di bidang pertanian ini terus dilakukan oleh PT PAMA BAYA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama customer untuk para petani di wilayah Dusun Pulau Mas, Desa Bhuana Jaya,” kata Ghani Rasyid Ning, Corporate Social Responsibility (CSR) Officer PAMA BAYA di Kukar , Senin.

 Dia menjelaskan sektor pertanian merupakan salah satu kekuatan ekonomi di wilayah Tenggarong Seberang, salah satunya di Desa Bhuana Jaya.

Menurutnya, program pembinaan pertanian ramah lingkungan yang telah dimulai sejak tahun 2021  memiliki pengembangan di tahun 2024 untuk bisa menghasilkan produk beras yang memiliki standar SNI dan Halal.

“Kami ingin pelatihan dan pendampingan kepada petani di Desa Bhuana Jaya  tidak hanya menjadi teori saja, namun bisa menghasilkan produk yang nyata memiliki standar, ”ucap Ghani Rasyid.

Ghani berharap hasil panen petani binaan di tahun ini bisa berkolaborasi dengan Koperasi Bina Tani Jaya Bersama yang merupakan koperasi binaan PAMA BAYA untuk menjadi produk beras yang sesuai standar SNI dan Halal.

PT PAMA BAYA melakukan pembinaan terhadap kelompok petani di Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Kutai Kartenagara (Antara Kaltim/HO-PT PAMA BAYA)

Dia juga mengemukakan program pertanian ramah lingkungan tersebut  dilakukan dengan menggandeng Rumah Integrated Crop Land Management (ICLM) sebagai pembimbing lapangan para petani dalam menjalankan program.

“Ada  dua kelompok tani di Desa Bhuana Jaya yang dibina  yaitu kelompok  tani Sri Lemah Sejati dan kelompok  tani Bina Usaha,” kata Ghani Rasyid.

Rohendi sebagai Ketua kelompok tani Sri Lemah Sejati menyambut baik program pihak perusahaan PT PAMA BAYA  dan berharap bisa bermanfaat bagi para petani di kelompoknya.

“Kami berterima kasih kepada PT PAMA BAYA melalui program CSR perusahaan  telah memberikan program yang baik bagi para petani sehingga bisa membantu  meningkatkan kualitas padi serta adanya upaya penyerapan gabah oleh koperasi,”  kata Rohendi.

Untuk diketahui salah satu bentuk dukungan dan komitmen  yang dilakukan PAMA BAYA bersama Customer  PT Jembayan Muarabara (JMB) dan PT Khotai Makmur Insan Abadi (KMIA) adalah melakukan kegiatan pembinaan pertanian  yaitu tanam bersama  pada Sabtu (19/6) pagi.

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024