Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kalimantan Timur di Tenggarong, Kutai Kartanegara kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025 setelah kurang lebih selama dua tahun vakum.

"Kabar gembira buat putra putri Kalimantan Timur, kita kembali mengaktifasi ISBI mulai 7 Juli ini," kata Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, di Tenggarong, Minggu.

Sekda menegaskan perguruan tinggi yang membidangi seni dan budaya ini membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai 7 Juli hingga 16 Agustus. "Sehingga di tahun ajaran baru pada September nanti mahasiswa sudah bisa berkuliah," katanya.

Sri Wahyuni menjelaskan, kembali dibukanya ISBI setelah melalui serangkaian pertemuan intens antara Pemerintah Provinsi Kaltim dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Akhirnya disetujui dan tahun ini ada dukungan Rp100 miliar dari Kemendikbudristek untuk membangun kampus ISBI Kaltim," sebutnya.

Lebih menariknya lagi, Sekda menguraikan ISBI menerima semua mahasiswa dari berbagai kalangan dan tanpa ada batasan usia, terutama seniman.

ISBI membuka pendidikan jenjang strata satu (S1) bidang seni budaya untuk empat program studi (prodi), yakni Prodi Tari, Televisi/Film, Kriya dan Prodi Etnomusikologi.

"Tidak ada persyaratan khusus dan pendaftaran hanya Rp200 ribu di Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kantor Gubernur Kaltim. Silakan mendaftar hari Senin sudah dimulai," sebutnya lagi.

Tahun ini untuk masa perkuliahan 2024/2025 ISBI Kaltim menerima 125 mahasiswa untuk empat prodi.

Untuk mahasiswa asal Kaltim akan diberi beasiswa penuh selama empat tahun pendidikan (delapan semester) melalui program Beasiswa Kaltim Tuntas.

"Pembiayaan operasional untuk tenaga pengajar dan lain-lain didukung alokasi Kemendikbudristek sekitar Rp2 miliar dan Pemprov Kaltim sebesar Rp1 miliar," jelasnya.

Untuk perkuliahan, ujarnya, ISBI Kaltim tetap bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan perkuliahan memanfaatkan kampus ISBI Kaltim di Gedung UPTD Museum Negeri Mulawarman Tenggarong milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

"Kamis nanti tim dari Kemendikbudristek akan datang melihat langsung lokasi rencana pembangunan kampus ISBI Kaltim di Tenggarong Seberang yang memiliki lahan seluas 40 hektar yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara," ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini pun sangat berharap kabar baik dan menggembirakan ini disambut antusias oleh putra putri Kaltim untuk bisa berkuliah, termasuk pelaku seni budaya daerah.

"Tolong jangan dilewatkan kesempatan baik ini. Upaya kita ini sekaligus menyongsong Ibu Kota Nusantara yang sebentar lagi sudah bergerak," jelasnya.(Adv)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024