Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kesiapan provinsi tersebut menyambut upacara nasional Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara.

"Kita berharap persiapan pelaksanaan ini dapat dilaksanakan sesempurna mungkin karena ini adalah bagian dari sejarah masyarakat Kalimantan Timur dan Indonesia. Semua harus siap," tegasnya dalam rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Balikpapan, Kamis.

Menurut Akmal, meskipun tanggung jawab pelaksanaan upacara nasional tersebut berada di tangan pemerintah pusat, Pemprov Kaltim bersama pemerintah tingkat kabupaten/kota, TNI, dan Polri di Kalimantan Timur turut bertanggung jawab atas kelancaran acara tersebut.

Hal ini dikarenakan lokasi pelaksanaan berada di wilayah Kalimantan Timur, sehingga asumsi tanggung jawab menjadi milik daerah.

"Hal yang ditekankan yakni pentingnya pengamanan mobilitas massa dan ketersediaan logistik untuk menghindari kemacetan pada hari H. Pergerakan yang paling padat akan terjadi pada tanggal 17 Agustus, saat upacara kenaikan dan penurunan bendera. Kita harus memastikan tidak ada kemacetan," tandasnya.

Rapat koordinasi ini merupakan pertemuan perdana, dan akan diikuti oleh rapat-rapat lanjutan untuk mematangkan persiapan. Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Nanang Avianto menyatakan bahwa ini merupakan penghormatan dan penghargaan bagi provinsi ini sebagai penyelenggara HUT ke-79 Republik Indonesia. Oleh karena itu persiapan harus selalu diperbarui.

Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana, menambahkan bahwa persiapan pengamanan telah dilakukan sejak awal dan akan terus ditingkatkan menjelang Agustus, termasuk prosesi pengantaran duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi.

Kehadiran Forkopimda Kalimantan Timur, termasuk Kapolda dan Kasdam VI Mulawarman, serta Kepala OPD Pemprov Kalimantan Timur, Pemkot Balikpapan, Pemkab PPU, Pemkab Paser, dan UPT Asrama Haji Batakan Balikpapan, menunjukkan sinergi dan dukungan penuh dari berbagai pihak untuk menyukseskan perayaan kemerdekaan di IKN Benua Etam, Kalimantan Timur.

HUT ke-79 RI dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" menjadi batu loncatan bagi Indonesia dalam menyongsong ibu kota baru, menuju Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024