Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengingatkan para pejabat untuk menunjukkan kinerja terbaik dalam pelayanan publik.

"Pemerintah harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang saat ini semakin kritis dan pejabat Pemprov Kaltim wajib tunjukan kinerja terbaik," kata Awang Faroek di Samarinda, Minggu.

Seluruh pejabat merupakan bagian dari Pemprov Kaltim agar bersama-sama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan professional, yang berorientasi pada pelayanan publik, katanya.

"Berbagai prestasi telah dicapai Pemprov Kaltim. Semua itu, tidak lepas dari kinerja positif para pejabat dan pegawai. Misalnya akuntabilitas kinerja pemerintahan, Kaltim terbaik lima tahun berturut-turut secara nasional," kata Awang Faroek.

Selain itu, Kaltim juga menempati peringkat pertama dalam penerapan keterbukaan informasi publik. Demikian juga dalam hal penyerapan anggaran, Kaltim juga meraih prestasi terbaik nasional dan untuk urusan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, Pemprov Kaltim juga sukses mencapai predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), katanya.

"Karena itu, saya berharap semua pejabat Pemprov Kaltim, termasuk yang baru-baru ini dilantik dapat meningkatkan kinerja dan prestasinya. Apa yang telah dicapai di masa lalu menunjukkan bahwa kinerja Pemprov Kaltim terus mengalami peningkatan. Tetapi ke depan harus mampu dipertahankan dan bisa lebih baik lagi," kata Awang Faroek.

Gubernur bertekad untuk mempertahankan opini WTP tentu sangat berat. Sebab itu, peningkatan kinerja para pejabat Pemprov Kaltim sangat diperlukan.

Gubernur sama sekali tidak berharap WTP yang sudah diraih, berubah atau turun menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

"Karena itu, seluruh pejabat harus benar-benar berkomitmen mempertahankan prestasi tersebut. Apalagi diberlakukannya UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), banyak hal baru dan terobosan baru yang harus dilakukan. Sehingga semua pejabat dituntut untuk bekerja lebih baik lagi ke depan," kata Awang Faroek (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014