Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) menggelar nonton bareng (nobar) dalam rangkaian roadshow Film LAFRAN di salah satu bioskop di Samarinda untuk membangkitkan rasa nasionalisme. 
 
"Film LAFRAN penting ditonton sebagai sarana untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.  Karena film yang digagas oleh Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI Akbar Tanjung ini, tidak hanya menceritakan perjalanan hidup Lafran Pane, pendiri HMI, tetapi juga mengangkat nilai-nilai kebangsaan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia," ujar Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Samarinda, Selasa.
 
Menurutnya, film yang ditayangkan pada Minggu (23/6) di salah satu bioskop di Samarinda, bukan cuma soal tentang pendirian HMI tapi lebih dari itu cerita tentang soal membangkitkan rasa nasionalisme, menanamkan cinta tanah air dan kebanggaan.
 
Doli menceritakan, dalam film berdurasi 99 menit ini, 65 menit di antaranya mengisahkan perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Film ini, kata Doli, juga menggambarkan bagaimana masyarakat sipil turut berjuang dalam menghadapi agresi militer pertama dan kedua setelah kemerdekaan. 
 
“Sisanya 28 menit soal HMI. Itupun ada dialektika antara HMI dihadapkan dengan Masyumi dan seterusnya," jelas Doli.
 
Doli juga menyampaikan bahwa film ini penting untuk disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia, terutama para pelajar dan mahasiswa. Ia juga berharap, setelah menonton Film LAFRAN, generasi muda semakin memiliki kecintaan dan tanggung jawab terhadap bangsa dan agama yang semakin kuat.
 
"Film ini patut disampaikan kepada masyarakat, terutama adik-adik pelajar mahasiswa dan supaya usai menonton film LAFRAN, maka dia bertambah cintanya kepada Indonesia, dan bertanggung jawab pada agamanya apapun agamanya," papar Doli.
 
Dia juga  menekankan gagasan dari Lafran Pane tidak hanya mengenai keindonesiaan dan keislaman, tetapi juga tentang menghargai keberagaman dan keagamaan secara umum. “Artinya pendiri kita sadar betul bahwa menghargai keberagaman di Indonesia ini niscaya," ungkapnya.
 
Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik yang sempat menonton film LAFRAN di Samarinda, menekankan pentingnya film ini sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan kontribusi para pahlawan dalam sejarah Indonesia.
 
"Untuk melihat perjuangan Lafran Pane ini sebagai bakti kita untuk membangun bangsa dan negara," kata Akmal.
 
Secara terpisah, Eksekutif Produser Film LAFRAN dari KAHMI Muhammad Arief Rosyid Hasan menyebut, Film LAFRAN hadir sebagai alternatif inspiratif di tengah maraknya film horor yang mendominasi layar bioskop. Sebab kata Arief, Film ini menceritakan perjalanan hidup Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang sarat dengan nilai-nilai nasionalisme serta cinta tanah air.
 
"Kami harap film ini dapat menginspirasi generasi muda di Samarinda maupun wilayah lain di Kaltim. Keberadaan film LAFRAN di tengah gempuran film horor menjadi pilihan yang sangat positif bagi masyarakat, terutama generasi muda yang membutuhkan contoh teladan dalam kehidupan mereka," tutur Arief.
 
Menurut Ketua Umum PB HMI periode 2013-2015 ini, film dengan tema perjuangan seperti LAFRAN sangat penting untuk memperkaya wawasan dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat. “Dengan menonton film LAFRAN, kita bisa mendapatkan perspektif yang berbeda tentang sejarah bangsa kita, memahami lebih dalam tentang kontribusi tokoh-tokoh penting seperti Lafran Pane, dan bagaimana semangat mereka masih relevan hingga kini,” tandasnya.
 
Hadir dalam acara ini, Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) dan Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan jajaran pengurus MW KAHMI Kalimantan Timur.
 
Nobar juga dihadiri tokoh masyarakat Kalimantan Timur, yakni Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Anggota DPRD Provinsi Kaltim Syarkowi V. Zahry, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Sigit Wibowo, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, Eks Rektor Universitas Mulawarman Prof Masjaya, perwakilan Pemerintah Kota Samarinda dan perwakilan Provinsi Kaltim. 
 
Selain itu, hadir juga mahasiwa hingga kader HMI Samarinda. Sekitar 1.000 penonton tampak antusias menyaksikan film yang dibintangi oleh Dimas Anggara.
 
Film LAFRAN diproduksi MN KAHMI berkolaborasi dengan Reborn Initiative dan Radepa Studio. Film ini juga dibintangi oleh sederet artis papan atas yakni Dimas Anggara yang berperan sebagai Lafran Pane. Selain itu ada pula Mathias Muchus, Ariyo Wahab, Lala Karmela, Alfie Alfandi, Ratna Riantiarno, Farandika, hingga Nabil Lunggana.
 
Film LAFRAN merupakan sebuah film biopik yang mengisahkan perjalanan hidup Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo. 
 
Film LAFRAN juga telah tayang serentak di seluruh bioskop sejak 20 Juni 2024 lalu.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024