Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, terus memperkuat pendidikan paling dasar bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), karena jenjang ini diyakini menjadi fondasi penting untuk perkembangan anak.

"PAUD merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting dalam meletakkan dasar-dasar perkembangan anak, karena di usia emas ini anak-anak memiliki potensi luar biasa untuk belajar dan berkembang," kata Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat di Tenggarong, Ahad.

Untuk itu pihak terkait diajak menyosialisasikan ke warga, terutama keluarga yang memiliki anak usia dini, agar pendidikan anak diawali dari PAUD, karena pada masa tersebut kemampuan berpikir anak berkembang pesat hingga 80 persen.

Sebagaimana tahap perkembangan anak, terdapat enam aspek perkembangan yang dapat distimulasi dalam pendidikan usia dini yaitu aspek perkembangan nilai moral dan agama, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, kognitif, dan aspek perkembangan seni.

Sebelumnya saat mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah pada Jambore PAUD ke- 4 di Tenggarong, ia juga mengatakan hal yang sama, termasuk menyatakan peran Bunda PAUD dan Guru PAUD sangat dibutuhkan dalam menyiapkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas.

Jambore yang diikuti oleh seluruh Bunda PAUD dari 20 kecamatan tersebut berlangsung selama tiga hari pada 21-23 Juni. Jambore ini juga diisi dengan Musyawarah Besar PAUD 2024.

Pemkab Kukar, lanjutnya, berkomitmen terus mendukung kemajuan pendidikan anak usia dini, yakni terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur dan sarana prasarana PAUD, serta memberi ruang kebijakan yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan pembinaan PAUD.

Dukungan Pemkab Kukar antara lain dengan diterbitkan Perbup Kukar Nomor 16/2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Pra Sekolah Dasar, termasuk beasiswa jenjang diploma/ sarjana untuk guru non-ASN, sehingga guru PAUD bisa mengikuti program dengan skema beasiswa pembiayaan penuh ini.

"Kami harap jambore ini dapat menjadi wadah bagi para Bunda PAUD dan guru PAUD untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide dalam memajukan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kukar, khususnya di wilayah kecamatan masing-masing," katanya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024