Tenggarong (ANTARA Kaltim)  - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-69 tahun 2014 oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, rencananya akan dimeriahkan berbagai kegiatan. 

Kegiatan-kegiatan tersebut yakni Pawai Pembangunan yag dilaksankan Sabtu (9/8) yang dimulai di kantor bupati, gerak jalan tingkat SD dan SMP dilaksankan pada Kamis (14/8) dengan start di Monumen Pancasila Tenggarong.
     
Sedangkan Gerak Jalan untuk SMA atau Umum digelar Jumat (15/8) serta Panjat Pinang.

"Untuk panjat pinang, teknisnya masih akan kita bicarakan besok (5/8). Sedangkan Gerak Jalan pelaksananya oleh Dispora Kutai Kartanegara," ujar Panitia HUT RI-ke 69 Pemkab Kukar Iriansyah, Senin.

Rencananya, pelaksanaan panjat pinang tersebut kata Iriansyah akan berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan massal untuk warga masyarakat. Pohon pinang beserta hadiahnya rencananya disumbang oleh seluruh instansi dilingkungan Pemkab Kukar, Badan Usaha Milik Negara atau Daerah, Perbankan serta pihak swasta yang ada di Kukar.

Lebih lanjut untuk kegiatan resmi, Iriansyah mengatakan Pemkab Kukar telah melaksanakan Diklat Paskibraka sejak 24 Juli 2014 lalu, yang akan dikukuhkan pada 15 Agustus 2014 di Pendopo Odah Etam, dilanjutkan dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci tanggal 16 Agustus 2014 tengah malam di Taman makam Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong.

"Pada 16 Agustus tersebut juga dijadwalakan acara pemberian Remisi di Lembaga Permasyarakatn Tenggarong, sekitar pukul 07.30 wita," katanya.

Kemudian pada 17 Agustus 2014, usai upacara parade Detik-Detik Proklamasi di halaman Kantor Bupati, dilanjutkan dengan ziarah dan tabut bunga di TMP Bukit Biru, sore harinya dilaksanakan upacara penurnan bendera atau Aubade. 

Kegiatan pada 17 Agustus 2014  tersebut diakhiri dengan syukuran dan ramah tamah dan pertemuan dengan Veteran di Pendopo Odeh Etam pada pukul 20.00 wita. 

Tema HUT RI ke 69 tahun ini adalah "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera".     (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014