Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik menyerahkan bantuan satu ekor sapi seberat 966 kg dari Presiden RI Jokowi kepada pengurus Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda.

Akmal Malik di Samarinda Selasa mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini diharapkan bisa menjadi penggerak bagi masyarakat untuk saling membantu dan meningkatkan kesadaran untuk melakukan kurban.

Sapi bantuan presiden yang memiliki bobot mencapai 966 kg tersebut, kata Akmal, dibeli dari peternak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sapi tersebut dipilih setelah melalui seleksi dari sekitar 60 sapi yang direkomendasikan sesuai kriteria.

"Akhirnya, terpilih 27 ekor sapi untuk Kalimantan Timur dan Otorita Ibu Kota Nusantara OIKN-" kata Akmal Malik.

Selain sapi bantuan presiden, Pj Gubernur Kaltim itu juga menyerahkan bantuan satu ekor sapi seberat 200 kilogram kepada Masjid Islamic Center.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim, Fahmi Himawan menjelaskan, terkait momen Idul Adha ini, lebih dari 57 orang telah diturunkan sebagai tim pengawas pelaksanaan kurban.

Fahmi juga mengatakan, kegiatan pengawasan telah dilakukan sejak dua hari sebelum Idul Adha, pada hari H, dan setelah Idul Adha.

"Pengawasan tersebut meliputi pengecekan kondisi fisik hewan, pengawasan tampilan lingkungan apakah menggunakan terpal, sarana prasarana yang memadai, dibuatkan lubang untuk menampung darah, setelah dipotong akan dilakukan pengecekan kondisi organ dan daging serta dipisahkan daerah bersih dan daerah kotor, serta SOP terkait lainnya," tambahnya.

Total hewan kurban di Islamic Center Samarinda tercatat sebanyak 21 sapi dan 14 kambing, serta menurunkan kurang lebih 57 Petugas sebagai Tim Pengawas Idul Adha. (Adv)
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024