Penajam (ANTARA Kaltim) - Arus balik Idul Fitri hingga H+4 atau empat hari setelah Idul Fitri di Pelabuhan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara masih terlihat sepi.

Kepala Terminal Penajam, Jamaluddin, Jumat mengatakan, aktivitas penumpang masih berjalan normal dan lancar dan belum ada lonjakan, baik dari Kabupaten Paser maupun dari Kalimantan Selatan.

"Aktivitas penumpang pada arus balik di terminal ini, masih berjalan normal dan belum terjadi lonjakan," ungkap Jamaluddin.

Penurunan penumpang di terminal Penajam kata Jamaluddin disebabkan banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sehingga arus mudik maupun arus balik terminal sepi, dibanding tahun sebelumnya (2013).

"Tahun ini, aktivitas arus mudik dan arus balik menggunakan angkutan umum menurun dibandingkan tahun lalu karena banyaknya warga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung," ujarnya. 
  
Sementara, salah seorang sopir angkutan Penajam Paser Utara-Kalimantan Selatan, Karman mengaku, arus mudik dan arus balik tahun ini agak sepi penumpang dibanding pada 2013. 

Selain banyaknya warga yang menggunakan kendaraan pribadi, beroperasinya taksi gelap atau kendaraan pribadi yang dijadikan angkutan umum yang menunggu penumpang langsung di pelabuhan kata Karman menjadi penyebab sepinya penumpang.
 
“Kami berharap angkutan gelap dilarang beroperasi sehingga menjelang usai libur lebaran, yakni pada Sabtu dan Minggu, masyarakat yang mudik balik banyak yang menggunakan angkutan umum. Jadi pendapatan kami bisa bertambah," ujar Salman, sopir angkutan Penajam Paser Utara-Kabupaten Paser.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014