Borneo Hornbills menjaga asa menuju babak playoff IBL 2024 usai mengalahkan Amartha Hangtuah Jakarta dengan skor akhir 90-81 dalam kemenangan kandang pada laga yang digelar di di GOR Laga Tangkas Bogor, Minggu (9/6) malam.

Borneo meraih kemenangan kedelapan dari 22 pertandingan yang telah mereka jalani sekaligus menjaga asa playoff dengan posisinya yang berada di urutan sembilan klasemen sementara IBL 2024.

Mereka hanya terpaut satu poin dengan posisi delapan dari Rajawali Medan yang mencatat 9 menang dan 13 kalah. Peringkat delapan klasemen akhir adalah syarat minimal tim lolos ke babak playoff IBL.

Sebaliknya posisi Hangtuah semakin terjepit dalam perebutan tiket playoff terakhir dengan berada di peringkat 10, atau satu posisi di bawah Borneo, dengan 7 menang dan 14 kalah.

Laga berjalan sengit sepanjang pertandingan tanpa ada tim yang mampu unggul lebih dari 9 poin. Di babak pertama, Hangtuah unggul tipis dengan skor 44-45, namun setelah jeda Borneo membalikkan keadaan. Mereka mendapatkan momentum dalam dua menit terakhir kuarter ketiga dengan tripoin beruntun dari Steven Orlando dan Michael Qualls. Borneo unggul 64-61 di akhir kuarter tersebut.

Di kuarter terakhir, Hangtuah masih memberikan perlawanan. Tapi lima kesalahan yang menyebabkan turnover menghancurkan harapan mereka, dan dua di antaranya terjadi berturut-turut. Perlawanan Hangtuah berhenti setelah Qualls mencetak tiga angka dari skema three point play.

Qualls menjadi top skor untuk Borneo dengan 37 poin. Dia juga menambahkan 17 rebound, 4 assist, 4 steal, dan 1 block.


"Kami sudah kalah empat pertandingan berturut-turut. Tapi kami masih punya kesempatan untuk melaju ke playoff. Sehingga tidak ada pilihan lain bagi kami kecuali bermain sebaik mungkin. Kami akan memanfaatkan sisa laga yang tersisa untuk mendapatkan tiket playoffs," kata Qualls.

Steve Taylor Jr. menambahkan 13 poin, 14 rebound, 4 assist, dan 3 steal untuk Borneo. Sedangkan Akeem Scott mencetak 10 poin.

Dari tim Hangtuah, Thomas De Thaey mencetak 19 poin dan 11 rebound. Michael Kolawole menyelesaikan laga dengan torehan 18 poin. Lalu Fisyaiful Amir menambahkan 12 poin.

Jika melihat posisi di klasemen, ada tujuh tim yang sudah dipastikan mendapatkan tiket playoff. Namun ada satu tiket yang masih diperebutkan oleh tiga tim. Mereka yang masih punya peluang adalah Rajawali Medan, Borneo Hornbills, dan Amartha Hangtuah Jakarta.


 

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024