Nunukan (ANTARA Kaltim) - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara membuka empat gerai untuk pembayaran zakat fitrah bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah.

Ketua BMH Kabupaten Nunukan, Rahman Mansyur di Nunukan, Kamis mengutarakan, untuk mempermudah masyarakat atau umat muslim di daerah itu dalam membayar zakat Ramadhan telah menyediakan empat gerai yang berada di depan BNI, samping Bankaltim, depan toko Marami dan depan toko Alaska.

Gerai ini, lanjut dia, telah didirikan sejak hari kedelapan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah dengan menempatkan petugas-petugas setiap hari untuk melayani umat muslim yang akan membayar zakat.

Rahman Mansyur menjelaskan, Setiap gerai menempatkan dua orang petugas yang bertugas mulai pukul 09.00 wita hingga pukul 17.00 wita atau tergantung kondisinya.

Selama ini, dia akui, antusiasme umat Islam membayar zakat belum terlihat padat tetapi sejak H-7 frekwensi pembayaran mulai meningkat meskipun bukan tujuan utama untuk mengarahkan membayar zakat di gerai tersebut.

Ia menyatakan, dari empat gerai yang didirikan itu merupakan sosialisasi kepada umat Islam pentingnya membayar zakat pada bulan suci Ramadhan.

Rahman Mansyur menekankan, soal tempat pembayaran zakat tidak menganjurkan membayar pada tempat-tempat milik BMH tetapi tergantung keinginan masyarakat itu sendiri misalnya di masjid atau langsung diserahkan kepada fakir miskin.

"BMH membuka gerai pembayaran zakat (Ramadhan) ini hanya untuk mempublikasikan kepada masyarakat pentingnya membayar zakat," ujar dia seraya menambahkan, pelayanan pembayaran zakat melalui BMH hingga malam takbiran.

Pembayaran zakat bagi umat Islam pada bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah ini sebesar Rp30.000 per orang sesuai ketentuan Kementerian Agama RI.   (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014