Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Remiten atau pengiriman uang tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui BRI Cabang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara per Juni 2014 mencapai Rp9 miliar.

Kepala Cabang BRI Kabupaten Nunukan, Fahmi Hidayat di Nunukan, Rabu, menerangkan, remiten TKI melalui bank yang dipimpinnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Ia membandingkan, remiten TKI pada 2012 sebesar Rp5,6 miliar dan 2013 mencapai Rp14 miliar sementara pada 2014 hingga Juni ini telah mencapai Rp9 miliar.

Fahmi Hidayat mengungkapkan, dalam rangka memberikan kemudahan TKI khususnya yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia telah membuat kerjasama dengan salah satu lembaga keuangan di Tawau, Malaysia yakni IZmoney untuk pembukaan buku rekening BRI.

Upaya ini juga telah disosialisasikan kepada para TKI di kawasan perkebunan kelapa sawit di Kalabakan Negeri Sabah dimana animonya sangat tinggi karena langsung dapat membuka buku rekening tanpa setoran awal.

"Kalau memperhatikan sejak 2012 lalu, remiten TKI melalui BRI Cabang Nunukan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Langkah lain yang dilakukan BRI Nunukan kepada TKI adalah dengan memberikan kemudahan membuka buku rekening (BRI) di Tawau melalui IZmoney (lembaga keuangan Malaysia)," jelas dia.

Fahmi Hidayat menegaskan, memperhatikan tingginya pengiriman uang bagi TKI kepada keluarganya melalui BRI Cabang Kabupaten Nunukan diperkirakan peningkatan semakin besar dan akan melebihi Rp14 miliar," kata dia. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014