Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan KDEKS setempat menggelar Festival dan Keuangan Syariah di Samarinda, sebagai upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan literasi kepada masyarakat terkait ekonomi dan keuangan syariah, yakni untuk mendorong peningkatan ekosistem ekonomi berbasis syariah," kata Kepala BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Kamis.

Pihaknya melibatkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kaltim, karena lembaga ini terus berupaya mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah agar makin meluas agar untuk memperkokoh perekonomian bukan hanya di daerah, tapi juga ekonomi nasional karena secara nasional ada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah tahun ini dikemas dalam Kalafest (Kaltim Halal Festival), sebuah festival ekonomi syariah yang diklaim terbesar di Kaltim dengan pelaksanaan tiga hari pada 30 Mei hingga 1 Juni.

Pelaksanaanya pun digelar di dua lokasi untuk memecah konsentrasi pengunjung, yakni festivasl yang digelar di Atrium Utama Bigmall Samarinda dan di Hotel Fugo Samarinda.

Rangkaian kegiatan ini mulai dari Sharia Conference dengan berbagai seminar dan talkshow, menghadirkan pembicara baik level regional hingga nasional tentang ekonomi dan keuangan syariah, serta Sharia Expo yang menghadirkan pameran produk unggulan UMKM, keseruan kompetisi, dongeng islami, live demo, hingga penampilan musik dari artis nasional.

Kegiatan dalam Sharia Conference ini mempertemukan perwakilan dari pemerintah, pakar dan pelaku industri ekonomi Syariah, diharapkan mereka saling berbagi ilmu tentang potensi bisnis syariah, termasuk cerita sukses dalam mengembangkan bisnis syariah.

Adapun agenda Kalafest selama tiga hari adalah Kamis ini seminar ekonomi syariah, demo halal food, sosialisasi sertifikasi halal secara gratis, sosialisasi wakaf, talkshow ekosistem halal, edukasi tentang cinta, bangga, dan paham Rupiah, kemudian ada hiburan dari Doremi dan Opcer di Atrium Utama Big Mall.

Untuk agenda hari kedua atau Jumat, 31 Mei meliputi lomba kaligrafi, live demo make up dan hijab style, lomba kreatif hijab, lomba rangking 1, talkshow modest fashion.

Kemudian agenda hari ketiga atau Sabtu, 1 Juni meliputi final kompetisi ekonomi syariah, lomba dakwah, edukasi QRIS Jelajah Nusantara, talkshow keuangan syariah, dan terakhir adalah penutupan acara pada malam hari.

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024