Prajurit TNI-AD yang bertugas di Provinsi Kalimantan Timur tidak hanya mengamankan teritorial demi keutuhan NKRI, tapi juga merangkap membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah binaan, salah satunya di Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Ada beberapa hal yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat desa baik terkait tanaman pangan, perkebunan, hingga perikanan," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman, Serka Makbul dalam rilis Penerangan Korem 091/ASN Samarinda, Senin.

Salah satu yang dilakukan oleh Babinsa Kupang Baru pada Minggu (26/5) kemarin, yakni Serka Makbul bersama aparatur Pemerintahan Desa Kupang Baru mengikuti pelepasan bibit ikan baung dari Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bertempat di Danau Wisata Kupang Baru.

Pelepasan ribuan bibit ikan baung ini merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Kukar dalam mendukung ketahanan pangan dari subsektor perikanan, sekaligus sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Bibit ikan yang dilepaskan diharapkan ke depan dapat berkembang dengan baik dan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di sekitar danau, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual dalam bentuk ikan segar maupun untuk diolah.

"Program ini ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dengan adanya bantuan bibit ikan ini selain dapat menjaga keseimbangan ekosistem danau juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa," kata Babinsa Koramil 0906-08/Muara Kaman ini.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kukar M Syarif yang turut melepas bibit ikan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung usaha perikanan di desa-desa dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

"Kami berharap bibit ikan baung ini dapat berkembangbiak dengan baik di Danau Wisata Desa Kupang Baru, sehingga ke depan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat desa untuk membantu ketahanan pangan," katanya.

Turut hadir dalam pelepasan bibit ikan tersebut antara lain Kepala UPT Dinas Perikanan Kukar Ayoung, Kades Kupang Baru Arsil S, Kasi Pemdes Ahdan, Ketua BPD setempat Abdi, Bhabinkamtibmas setempat Brigpol Tuyar, dan Ketua Kelompok Nelayan Desa Kupang Baru Nurtin.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024