Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Penukaran uang baru pecahan kecil mulai dua ribuan hingga sepuluh ribuan di Bank Indonsia (BI) Perwakilan Provinsi Kaltim oleh masyarakat setempat dalam sembilan hari kerja selama Ramadhan ini mencapai Rp8,67 miliar.

    "Jumlah uang yang ditukar oleh masyarakat itu belum termasuk dengan uang pecahan yang kami serahkan kepada perbankan karena dalam penukaran uang pecahan, kami juga bekerja sama dengan 31 perbankan di Kaltim," ujar Manager Operasional Kas BI Perwakilan Kaltim, Fadillah di Samarinda, Kamis.

    Menurutnya, masyarakat yang ingin mendapatkan uang pecahan baru yang datang ke BI Kaltim rata-rata tiap hari menukarkan Rp900 juta.

     Sedangkan rata-rata per hari penukaran di perbankan selain BI Kaltim belum diketahui persis karena belum ada laporan, tetapi total uang pecahan yang disiapkan untuk perbankan di Kaltim mencapai Rp1,4 tiliun.

     Dia juga mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan uang pecahan kecil dalam menghadapi Idul Fitri tahun ini mencapai Rp1,004 tiliun, sedangkan jumlah yang sudah ditukar adalah pada minggu IV Juni senilai Rp850 juta.

     Kemudian jumlah yang sudah ditukar oleh masyarakat dan ditarik oleh perbankan pada minggu pertama Juli senilai Rp9,759 miliar, minggu kedua Juli Rp10,53 miliar, penarikan untuk digunakan minggu ketiga Juli Rp4,435 miliar, dan penarikan untuk digunakan minggu keempat Juli belum ada.

     Sejak musim lebaran tahun 2013 hingga 2014 ini kata Fadillah lagi, antrean penukaran uang pecahan kecil di BI Kaltim tidak terlalu panjang seperti sebelumnya, karena pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah perbankan di Kaltim untuk menukarkan uang.

     Untuk itu dia menyarankan kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan kecil baik dua ribuan baru maupun pecahan sepuluh ribuan baru tidak harus datang ke BI, tetapi cukup mengunjungi bank terdekatnya karena penukaran uang di bank-bank terdekat juga tidak dipungut biaya.

     Dia juga mengatakan bahwa khusus untuk musim lebaran tahun ini BI Kaltim menyiapkan kas sebesar Rp4 triliun sesuai dengan permintaan perbankan.

     Jumlah uang sebanyak itu  belum termasuk yang disiapkan oleh BI Perwakilan Balikpapan yang melayani perbankan di Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014