Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (Danrem 091/ASN) Brigjen TNI Anggara Sitompul menerima 1.840 taruna peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke- 44 Tahun 2024 untuk mengabdi kepada masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
"Kehadiran para taruna ke Kaltim yang tergabung di Latsitarda Nusantara ini untuk mengabdi kepada masyarakat Kaltim dengan berbagai kegiatan selama sebulan penuh mulai 5 Mei hingga 6 Juni," kata Danrem dalam keterangan tertulis dari Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Sabtu.
 
Berbagai agenda pengabdian ke masyarakat tersebut berupa kegiatan fisik dan nonfisik, mulai dari karya bakti gotong royong, perbaikan rumah ibadah, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), pembersihan saluran air/ drainase, perbaikan jalan, hingga sosialisasi dan penyuluhan berbagai hal kepada masyarakat maupun ke sekolah-sekolah.
 
Sejumlah wilayah di Kaltim yang menjadi sasaran Latsitarda Nusantara ke- 44 tersebut adalah beberapa kelurahan di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan sejumlah desa di Kabupaten Paser.
 
Sebanyak 1.840 taruna/taruni ini berasal dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), dan dari Universitas Pertahanan (Unhan).
 
Peserta Latsitarda Nusantara sebanyak 1.840 orang tersebut telah tiba di Balikpapan pada Jumat (3/5) menggunakan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Banda Aceh, KRI Banjarmasin, dan KRI Makassar.
 
Danrem 091/ASN turut menyambut kedatangan mereka, kemudian memberikan arahan bahwa dalam giat ini selain untuk mengabdi, peserta juga mengikuti masa orientasi, sedangkan di sela waktu tersebut mereka juga dianjurkan belajar adat dan budaya lokal di lokasi masing-masing peserta.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024