Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Ghufron Yusuf menyatakan, daerah itu telah siap menggelar pemilu presiden pada 9 Juli 2014.

"Berdasarkan laporan aparat dari seluruh kecamatan, sejauh ini tidak ada masalah saat hari pemungutan suara. Artinya, dari segenap aparat berwenang khususnya di dua kecamatan yang kemarin saya kunjungi yakni di Loa Janan dan Loa Kulu sudah siap mensukseskan pemilu presiden," ungkap Ghufron Yusuf, Selasa.

Sebelumnya, yakni pada Senin (7/7) Ghufron Yusuf bersama Sekretaris Daerah Edi Damansyah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum H Chairil Anwar, Kepala Badan Kesbangpol H Fatekurrochman, Kepala Diskominfo H Surip, Kabag Humas dan Protokol Setkab Dafip Haryanto serta Ketua Komisi Pemilihan Umum Junaidi Syamsuddin dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kutai Kartanegara Yadi meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu.

Dari laporan masing-masing kecamatan lanjut Ghufron, tidak ada hambatan mulai pendistribusian logistik maupun berbagai gangguan lainnya.

"Sejauh ini, tidak ada laporan adanya masalah persiapan pemilu presiden dari seluruh kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara. Kecuali beberapa waktu lalu sempat dikhawatirkan ada sebuah perusahaan Migas di kecamatan Muara Jawa, yang disinyalir tidak memberikan kesempatan pada karyawan yang bertugas dilepas pantai untuk menggunakan hak pilih mereka," katanya.

"Namun, Kapolres sudah menegur perusahaan tersebut sebab itu merupakan bagian dari upaya meminmalisir golongan putih (golput) atau warga yang tidak menggunakan hak pilihnya," ungkap Ghufron Yusuf.

Selanjutnya, Ghufron Yusuf mengimbau kepada warga yang telah memiliki hak pilih agar antusias dalam memberikan suaranya di TPS masing-masing.

Sementara ketua KPU Junaidi Samsudin mengatakan seluruh logistik pemilu presiden sudah disalurkan serta seluruh petugas dari tingkat PPK, PPS hingga KPPS telah diberi bimbingan teknis tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

KPU Kutai Kartanegara kata dia mulai mendistribusikan logistik pemilu presiden yakni,surat suara beserta perlengkapan lainnya ke 18 kecamatan sejak Rabu (2/7).

Dengan telah terkirimnya logistik ke seluruh kecamatan, Junaidi optimistis pelaksanaan pemilu presiden 2014 di Kutai Kartanegara akan berjalan lancar, aman dan damai.

Di Kutai Kartanegara tercatat 517.657 warga yang telah terdaftar dalam DPT yang akan menggunakan hak pilihnya di 1.559 TPS yang tersebar di 237 desa/kelurahan.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014