Nunukan (ANTARA Kaltim) - Konsulat Republik Indonesia di Tawau mensosialisasikan pemilihan umum presiden dan wakil presiden bekerja sama dengan sejumlah media massa di Malaysia.

Muhammad Soleh, Konsul RI di Tawau, Kamis, menyatakan langkah itu dilakukan demi terpublikasinya pelaksanaan pilpres kepada seluruh warga negara Indonesia (WNI) di wilayah kerjanya yakni Tawau, Kunak, Semporna dan Lahad Datu.

Media massa yang aktif menyosialisasikan adalah Radio Tawau FM, Harian Ekspres, Daily Express dan Utusan Borneo, sebut Muhammad Soleh kepada Antara di Nunukan saat berkunjung ke Kantor Konsulat RI di Tawau.

"Pelaksanaan pilpres ini harus disebarluaskan melalui media supaya terlaksana dengan baik dan sukses serta WNI yang dapat mengetahuinya walaupun telah beberapa kali digelar sosialisasi," kata dia.

Menurut dia, tahapan pilpres yang paling penting diketahui WNI yang bekerja di wilayah kerjanya terutama yang berada jauh di perladangan kelapa sawit karena nantinya mereka harus menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

Muhammad Soleh mengungkapkan, suksesnya pelaksanaan pilpres yang diikuti dua pasangan yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (nomor urut 1) dan Joko Widodo-Muhammad Jusuf Kalla pada nomor urut 2 tergantung dari partisipasi WNI yang berada di negara itu.

Ia menambahkan khusus Radio Tawau FM hampir setiap saat menyuarakan pelaksanaan pilpres kepada WNI terutama yang bekerja di wilayah kerjanya ditambah dengan media massa cetak yang juga aktif memberitakannya.

Sebagai Kantor Perwakilan RI berkewajiban menyukseskan pilpres ini bersama dengan penyelenggara pemilu yaitu PPLN dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri yang akan dilaksanakan pada 6 Juli 2014 atau lebih cepat daripada pemungutan di Indonesia.    (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014