Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disdag) segera merevitalisasi blok C Pasar Klandasan Balikpapan pada tahun 2024 setelah usai revitalisasi blok A dan B.

"Saat ini untuk blok A dan B sudah diresmikan dan sudah digunakan, dan tahun ini fokus untuk melanjutkan revitalisasi," kata  Kepala Disdag Haemusri Umar, di Balikpapan Jumat (19/4).

Selama proses revitalisasi, para pedagang akan ditempatkan di lokasi tempat penampungan sementara (TPS) yang sudah dipergunakan sebelumnya,

"Jadi yang kemarin itu tidak dibongkar," tegasnya.

Ia menambahkan,saat ini proses pembangunan Blok C Pasar Klandasan telah memasuki tahap penyusunan dan diharapkan dapat diselesaikan pada tahun ini juga..

Haemusri mengemukakan, untuk revitalisasi pasar blok C ini, Pemkot Balikpapan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,2 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2024.

"Anggaran sebesar Rp6,2 miliar itu nantinya digunakan untuk pembongkaran dan pembangunan," jelasnya.
 
Menurut Haemusri pada tahun 2025 pihaknya juga mengusulkan kembali agar konsistensi revitalisasi pasar tersebut tetap berlanjut. 
 
“Kita mengharapkan contoh sampel itu, bisa dari Pasar Klandasan untuk pasar-pasar lain yang ada di Kota Balikpapan,” ujarnya.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024