Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyediakan sarana prasarana olahraga untuk atlet disabilitas di daerah yang dikenal dengan julukan Benuo Taka itu.

"Sarana prasarana olahraga atlet disabilitas harus ada dan memadai," tegas Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Jumat.

Menurut dia, pemerintah kabupaten komitmen menyediakan sarana prasarana olahraga Paralympic, untuk lebih meningkatkan kemampuan atau prestasi atlet disabilitas.

Atlet disabilitas Kabupaten Penajam Paser Utara telah menunjukkan sejumlah prestasi, di antaranya pada Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) VI Kalimantan Timur.

Pada ajang itu, atlet disabilitas Kabupaten Penajam Paser Utara meraih lima medali emas, delapan medali perak dan sembilan medali perunggu.

Pemerintah kabupaten memiliki tangguh jawab dalam menyediakan sarana prasarana olahraga, menurut dia, termasuk fasilitas olahraga untuk atlet disabilitas.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pembenahan terhadap gelanggang olahraga (GOR) di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam agar sarana prasarana olahraga sesuai standar kebutuhan atlet disabilitas.

Pembenahan GOR itu, jelas dia, agar bisa digunakan atlet disabilitas untuk melakukan latihan maupun menggelar turnamen olahraga paralympic.

Pembenahan GOR dilakukan secara bertahap, kata dia lagi, agar ke depan seluruh fasilitas olahraga juga memiliki standar untuk atlet disabilitas.

"Kebutuhan anggaran cukup besar untuk benahi seluruh fasilitas olahraga untuk paralympic," tambahnya.

Pemerintah kabupaten melakukan pembenahan sarana prasarana olahraga sebagai bentuk perhatian terhadap pengembangan prestasi atlet disabilitas, demikian Makmur Marbun.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024