Tim pengamanan gabungan dari berbagai unsur seperti Polri,TNI AD, TNI AL, dan unsur lain di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memberikan rasa aman bagi pengunjung wisata bahari di kabupaten setempat, salah satunya di Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-Biduk.
 
"Kabupaten Berau ini umumnya dikelilingi laut, jadi sangat banyak lokasi objek wisata bahari atau wisata berbasis kelautan yang digemari banyak orang, apalagi pada hari ini merupakan hari terakhir cuti bersama dan liburan Lebaran 2024," ujar anggota tim pengamanan gabungan Sertu Agustinus L. di Biduk-Biduk, Berau, Senin.
 
Agustinus yang juga anggota TNI dari Koramil 11/Biduk-Biduk Kodim 0902/Berau mengatakan bahwa tugas tim kali ini adalah memberikan rasa aman di tempat wisata Pasir Putih, Kampung Teluk Sulaiman, Biduk-Biduk, baik rasa aman bagi pengunjung maupun kenyamanan secara keseluruhan.
 
Tim gabungan yang bersinergi tersebut, antara lain, bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) dari Polri, bintara pembina desa (babinsa) dari TNI AD, dan bintara pembina potensi maritim (babinpotmar) dari TNI AL.
 
Pengamanan itu, antara lain, untuk mencegah adanya tindakan kriminal, menjamin kenyamanan bagi pengunjung agar wisatawan tenang berlibur setelah Lebaran 2024, termasuk menjaga ketertiban berkelanjutan di wilayah teritorial agar selalu tenteram.
 
Ia berharap adanya tindakan preventif ini dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah, bahkan wisatawan asing pun betah jika berkunjung ke kawasan tersebut.
 
Selain pengelola tempat wisata, tim juga turut memberikan imbauan kepada pengunjung agar selalu berhati-hati terhadap keselamatan diri dan keluarga, termasuk mengimbau tidak membuang sampah sembarangan agar destinasi wisata tersebut tetap terlihat indah, tidak dikotori oleh sampah.
 
"Kami ingin memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan bagi setiap pengunjung, baik berkesan dari sisi keamanan dan ketertiban, keindahan laut, keindahan pantai, kebersihan lingkungan, kenyamanan dari sisi pelaku UMKM, maupun keramahan masyarakat setempat," kata Agustinus.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024