Petugas keamanan Bandar Udara (avsec) Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mampu menjinakkan api yang sempat membakar salah satu kios kuliner di terminal keberangkatan sehingga dampak kebakaran tidak meluas, pada Minggu (14/3).

"Api berhasil dipadamkan dalam tiga menit menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab.

Informasi kebakaran itu, lanjutnya, terjadi di salah satu kios bandara sekira pukul 05.42 wita. Petugas dan karyawan di bandara segera memadamkan api.

"Alhamdulilah api tidak sempat meluas. Kami mengucapkan terima kasih kepada petugas avsec maupun karyawan kios yang sigap untuk memadamkan api," tuturnya.

Syaugi mengatakan penyebab kebakaran diperkirakan dari arus pendek listrik pada stopkontak tambahan yang menghubungkan lemari pendingin dengan sumber listrik di kios yang terbakar.

Baca juga: Kebakaran di Sungai Ampal Balikpapan telan korban jiwa

Kios-kios yang ada di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, menurutnya, sudah dilengkapi apar sehingga bila terjadi kebakaran bisa segera dipadamkan. 

“Kami juga rutin melaksanakan sosialisasi tindakan preventif apabila terjadi kebakaran, salah satunya yakni cara penggunaan APAR,” tutupnya.

Kebakaran di salah satu kios itu sempat diabadikan pengunjung di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Dalam video berdurasi 31 detik itu, api tampak melahap bagian belakang kios. Tidak selang lama, petugas Avsec dan karyawan lain bergantian memadamkan api dengan APAR ke titik yang terbakar.

Sejumlah orang juga tampak menyiapkan selang penyemprot air sebagai langkah antisipasi bila api tidak bisa dipadamkan dengan APAR.

Baca juga: Kebakaran hanguskan lima bangunan di Kota Samarinda

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024