Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur, mengajak semua elemen masyarakat tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) baik tingkat provinsi maupun kabupaten setempat,

"Saat ini dalam proses menuju pilkada oleh KPU dengan pemungutan suara digelar pada 27 November tahun ini maka persatuan dan kesatuan antarelemen masyarakat hendaknya selalu dijaga agar masyarakat hidup dalam perdamaian," ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono di Tenggarong, Sabtu.

Ia juga meminta masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2024, yakni dengan memastikan menggunakan hak pilih secara baik, seperti datang ke TPS dan mencoblos secara benar dalam memilih pemimpin terbaik, peduli, merakyat dan berpengalaman.

Menurut dia, pemimpin yang peduli terhadap rakyat merupakan syarat penting untuk dipilih, karena tujuan pembangunan salah satunya adalah untuk menyejahterakan masyarakat, sehingga pembangunan demi mewujudkan kehidupan masyarakat Kukar ke arah yang lebih baik merupakan syarat mutlak.

Sebelumnya ia juga mengingatkan bahwa pesta demokrasi ini adalah untuk seluruh rakyat, sehingga tingkat partisipasi rakyat untuk datang ke TPS pada 27 September mendatang sangat diharapkan demi suksesnya pilkada baik pemilihan gubernur dan wakil maupun pemilihan bupati beserta wakil bupati.

Sunggono juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat atas partisipasi mereka di Pemilu 2024 yang telah dilakukan pada 14 Februari lalu, sehingga pemilu di Kukar berjalan dengan lancar, sukses, tertib, serta aman.

Sedangkan tingkat partisipasi pemilih di Kukar dalam pemilu 14 Februari lalu pun cukup tinggi hingga sekitar 90 persen, jauh di atas target nasional yang dipatok 77,5 persen, sehingga diharapkan tingkat partisipasi dalam pilkada mendatang pun tetap tinggi, bahkan diharapkan bisa di atas 90 persen.

“Pemerintah Kabupaten Kukar juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat Kukar turut aktif menyukseskan tahapan demi tahapan dalam Pilkada Kabupaten Kukar 2024 ini, kemudian selalu menjaga iklim yang sejuk, termasuk keamanan yang selalu terjaga dengan baik seperti saat ini," ujar Sunggono.(Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024