Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kapten Budi Mantoro menyatakan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan selama dua hari (Sabtu dan Minggu), arus mudik dari dua pelabuhan di Kaltim terpantau normal.

"Hari ini arus mudik dari Pelabuhan Samarinda terpantau normal dengan jumlah penumpang sebanyak 1.692 orang. Begitu pula dengan kemarin di Pelabuhan Balikpapan, juga normal dengan penumpang sekitar 1.400 penumpang," kata Budi Mantoro di Pelabuhan Samarinda, Minggu.

Biasanya, menjelang Hari Raya Idul Fitri, arus mudik dari Pelabuhan Samarinda menuju Parepare, Sulawesi Selatan, selalu membludak, lebaran tahun lalu misalnya, kepadatan penumpang terlihat sampai berdesakan di pintu masuk.

Sedangkan untuk kali ini terpantau normal karena masyarakat yang hendak mudik ke Parepare tidak semuanya menumpuk di Pelabuhan Samarinda, namun banyak juga yang melalui Pelabuhan Balikpapan, sehingga pintu mudik terbagi, padahal kapasitas kapal penumpang yang berangkat hari mampu menampung 1.800 orang.

"Jumlah penumpang dari Samarinda hari normal karena konsentrasi mudik ke Parepare sudah terpecah, yakni kemarin sudah berangkat 1.400 penumpang khusus ke Parepare, jadi tidak semuanya menumpuk di sini (Pelabuhan Samarinda)," katanya.

Khusus di Pelabuhan Samarinda, mengingat jalur yang dilewati oleh kapal penumpang adalah jalur sungai, yakni Sungai Mahakam yang menjadi akses utama bagi tongkang pengangkut batu bara, sehingga secara kenavigasian diperlukan kewaspadaan ekstra, jangan sampai bersenggolan dengan banyaknya tongkang yang memanfaatkan jalur yang sama.

Ia juga menyarankan agar untuk tahun depan perlu adanya penataan lagi oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Samarinda, khususnya di terminal dan embarkasi pelabuhan, sehingga ada pemisahan antara calon penumpang dan pengantar.

Hari Minggu ini, KSOP Kelas I Samarinda selain memberangkatkan 1.692 penumpang mudik ke Parepare menggunakan KM Prince Soya, juga menerima kedatangan 345 penumpang dari Parepare menggunakan KM Queen Soya, selanjutnya KM Queen Soya akan balik lagi mengangkut pemudik ke Parepare pada Senin (8/4).

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024