Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mendukung pengurus Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi Kaltim, menggelar peringatan Hari Musik Nasional di daerah.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di Samarinda, Ahad, menyambut baik kerja sama antara PAPPRI dan pemerintah daerah dalam memperingati Hari Musik Nasional.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri musik dalam mempromosikan budaya musik Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur.

"Kita apresiasi DPD PAPPRI Provinsi Kaltim untuk melaksanakan peringatan hari musik Nasional, karena ini menjadi sebuah momentum bagi Kalimantan Timur untuk menunjukkan kepada Nasional dan Internasional bahwa kita punya kearifan seni budaya yang juga harus kita kembangkan," ujar Akmal Malik.

Dirjen Otonomi Daerah itu juga menegaskan pentingnya memanfaatkan momen peringatan Hari Musik Nasional sebagai sarana untuk mempromosikan bakat-bakat musik lokal serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya-karya musik Indonesia.

"Kita punya banyak jenis musik musik yang perlu banggakan dan ini harus ditunjukkan. Mudah mudahan momentum peringatan ini akan bisa menjadikan Kaltim dikenal oleh semua daerah Di Indonesia dan juga sekali lagi ini bisa menggugah masyarakat untuk lebih kreatif ya lebih inovatif dalam bermusik," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PAPPRI Kaltim Rusmadi Wongso menjelaskan pelaksanaan hari musik nasional yang jatuh pada 9 Maret 2024 yang lalu merupakan sarana yang baik untuk mengedukasi masyarakat.

Rusmadi mengusulkan serangkaian kegiatan konser musik dan acara lainnya untuk memeriahkan perayaan tersebut.

"Ada dua acara pokok di antaranya sosialisasi memposisikan musik, karena musik tidak lepas dari sebuah peradaban kehidupan bangsa dan kemudian acara talkshow," ujar Rusmadi.

Acara akan digelar pada tanggal 27 April 2024 mendatang di Bigmall dengan mendatangkan artis papan atas yakni Once Mekel.

Selain peringatan hari musik Nasional, pada Juni 2024 nanti bertepatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PAPPRI Kaltim berencana mengundang grup musik rock Indonesia God Bless.*

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024