Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), kerja sama dengan daerah lain untuk membangun sistem pengolahan air minum (SPAM) regional Sungai Mahakam, untuk mengantisipasi defisit air bersih di daerah berjuluk Benuo Taka ini.
 
Perkembangan Kota Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Provinsi Kaltim, menurut Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rasyid, di Penajam, Kamis, bakal menambah kebutuhan air bersih.
 
"Lima tahun ke depan diperkirakan Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami defisit air bersih," katanya pula.
 
Mengantisipasi defisit air bersih itu, Pemkab Penajam Paser Utara, kata dia lagi, menjalin kerja sama dengan Pemkab Kutai Kartanegara dan Pemkot Balikpapan.
 
Ketiga daerah penyangga mitra Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia tersebut, menandatangani naskah perjanjian kerja sama pada Februari 2024, untuk membangun SPAM regional Sungai Mahakam.
 
Pemkot rencananya juga diajak kerja sama dalam pembangunan SPAM regional Sungai Mahakam.
 
"SPAM salah satu solusi jangka panjang untuk antisipasi krisis air minum di Penajam Pasar Utara, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan," katanya lagi.
 
Investasi untuk pembangunan SPAM regional itu diperkirakan lebih kurang Rp1,2 triliun hingga Rp1,5 triliun, kapasitas produksi direncanakan mencapai 1.000 liter per detik.
 
Rencana pembangunan SPAM regional tersebut akan dipresentasikan atau diekspose kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.(PUPR), kata dia lagi, pada pada 25 Maret 2024.
 
Instalasi pengolahan air atau IPA (water treatment plant/WTP) SPAM rencananya dibangun di wilayah Kota Samarinda dengan memanfaatkan air baku dari Sungai Mahakam.
 
Pembangunan IPA SPAM di wilayah Kota Samarinda, jaringan perpipaan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Kutai Kartanegara, demikian Abdul Rasyid.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024