Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang sigap menangani pasca bencana kebakaran di daerah itu sehingga masyarakat sangat terbantu.

"Pihak terkait seperti  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sigap membantu memadamkan pada peristiwa kebakaran yang melanda Kota Balikpapan dalam sepekan terakhir, sedangkan Dinas Sosial (Dinsos) juga bergegas mendirikan tenda darurat dan melalukan pendataan korban," katanya di Balikpapan Senin (18/3).

Ia berharap dengan mengimplementasikan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 5 Tahun 2022 bisa segera direalisasikan.

Adapun Perwali itu mengatur tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausaha, pertanggungjawaban dan pelaporan serta pemantauan dan evaluasi Bantuan Tidak Terduga (BTT).

"Menggunakan BTT itu, Pemkot bisa memberikan sejumlah bantuan termasuk dana buat sewa rumah sementara," ujarnya.

Abdulloh juga mengucapkan bela sungkawa atas kebakaran yang melanda Kota Balikpapan dalam sepekan terakhir.
 
“Saya mewakili seluruh Anggota DPRD Balikpapan turut prihatin dan berduka atas musibah kebakaran yang terjadi di Kelandasan Ulu, Balikpapan Kota” ujarnya
 
Ia juga berharap peristiwa kebakaran di Kota Balikpapan jangan sampai terulang kembali, masyarakat juga diharapkan berhati-hati  dan waspada terhadap bahaya kebakaran.

 Abdulloh juga meminta kepada Pemkot Balikpapan untuk mengambil langkah kongkrit agar peristiwa serupa tidak kembali terjadi.
 
"Masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam penggunaan listrik, obat nyamuk dan kompor serta hal apapun yang bisa mengakibatkan kebakaran. Karena penyebab kebakaran akibat kelalaian, yang bisa menyebabkan kerugian baik harta benda bahkan nyawa,” ujarnya.
 
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024