Komandan Kodim (Dandim) 0901/ Samarinda, Kalimantan Timur, Letkol Infanteri Yusub Dody Sandra memerintahkan jajarannya untuk memperluas kebun ketahanan pangan yang dikelola, demi untuk mencukupi kebutuhan pangan pengelola dan warga sekitar. 
 
"Kebun Kodim 0901/Samarinda itu sudah berjalan baik dan produktif. Ke depan, kebun itu harus ditingkatkan untuk pembukaan lahan baru karena masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan," ujar Letkol Infanteri Yusub Dody Sandra saat meninjau kebun, dalam rilis Penerangan Korem 091/ASN yang diterima ANTARA di Samarinda, Sabtu. 

Peninjauan kebun oleh Dandim 0901/Samarinda itu berlangsung di kebun pemberdayaan Ketahanan Pangan (Hanpang) Kodim 0901/Samarinda, di Jalan Kauman, RT 24, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda.
 
Kebun yang dikelola personel Kodim 0901/ Samarinda dan telah produktif telah ditanami berbagai jenis sayur, aneka cabai, tomat, dan berbagai tanaman buah. Kodim 0901/Samarinda mengembangkan perluasan kebun untuk ditanami berbagai jenis sayuran, palawija, umbi-umbian dan lainnya. 

Baca juga: BI Kaltim ajak pemda kaji potensi lahan wujudkan ketahanan pangan
 
Rencana perluasan dan diversifikasi tanaman di kebun Kodim 0901/Samarinda itu disampaikan Yusub Dody saat meninjau kebun bersama bersama Perwira Seksi (Pasi) Intel Kodim 0901/ Samarinda Mayor Inf Surono, Plh Pasi Teritorial Lettu Arh Janri, dan Komandan Koramil 03/ Samarinda Seberang Mayor Inf Sujadi. 
 
Yusub Dody meninjau langsung kebun ketahanan pangan guna memastikan kondisi, serta berbagai jenis tanaman yang sudah dikembangkan, untuk merencanakan perluasan dan diversifikasi tanaman.
 
"Kebun itu merupakan salah satu usaha Kodim 0901/ Samarinda guna membantu ketahanan pangan di Samarinda, termasuk menjadi upaya pendampingan petani oleh TNI AD. Petani maupun pekebun harus sering dibantu dan didampingi agar semakin semangat menguatkan ketahanan pangan," katanya. 
 
"Saya lihat seluruh tanaman di sini tumbuh subur. Saya berterima kasih kepada para petani dan Babinsa yang terus mendampingi petani. Saya minta pendampingan terus dilakukan dan ditingkatkan, sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, terutama warga di sekitar kebun," katanya. 

Baca juga: DPMPD Kaltim ajak desa wujudkan ketahanan pangan dukung IKN

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024