Ratusan kendaraan bermotor mengiringi arak-arakan Piala Adipura mengelilingi Kota Tanah Grogot yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Sabtu (9/3). 

" Ini Piala Adipura kedua yang diraih Kabupaten Paser, " kata Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari.

Selain diikuti pegawai dan petugas kebersihan DLH, kegiatan arak-arakan ini juga diikuti para ketua rukun tetangga (RT) Kota Tanah Grogot dengan mengendarai kendaraan roda tiga yang biasa digunakan untuk mengambil sampah warga. 
Piala Adipura dibawa dua pegawai DLH yang mengenakan pakaian adat dan berdiri di atas mobil hias. 

"Arak-arakan dilakukan sebagai sosialisasi kepada masyarakat dan bentuk syukur atas penghargaan Adipura yang kedua kali, " kata Safari. 

Adipura merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia kepada pemerintah daerah yang berhasil mengelola lingkungan perkotaan yang bersih.

Safari mengatakan, dengan mengarak Piala Adipura keliling Kota, diharapkan masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Ia mengingatkan masyarakat agar menyadari pentingnya  nilai-nilai kebersihan serta rasa tanggung jawab dalam mengelola sampah di lingkungan rumah tangga.

"Sehingga Kota Tanah Gogot khususnya dan Kabupaten Paser pada umumnya,  menjadi lebih bersih, indah, enak dipandang dan lebih nyaman untuk ditinggali,  " ujarnya. 

Harapan Safari, tahun-tahun berikutnya bisa tetap mempertahankan Piala Adipura ini. 

Lebih lanjut dia mengatakan, mengelola sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan tugas semua pihak.

Diharapkan, bisa tumbuh kesadaran yang lebih tinggi lagi di masyarakat dan bisa mengelola, memilah sampah dan membuang sesuai dengan ketentuan.
Abdul Rasyid Camat Tanah Grogot mengucapkan selamat kepada DLH atas pencapaiannya tahun ini.
Ia juga berterima kasih kepada  masyarakat Kecamatan Tanah grogot yang aktif menjaga kebersihan dengan kegiatan Gotong Royong.

"Semoga dengan lingkungan bersih yang selalu kita jaga menjadi indikator untuk kita mendapatkan kembali Adipura tahun depan," ucap Rasyid.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024