Komandan Kodim (Dandim) 0906/Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyatakan Program Tentara Manunggal Air Bersih (TMAB) yang dijalankan mulai Markas Besar TNI hingga tingkat daerah, merupakan program yang bertujuan menyejahterakan masyarakat.

"Program pemenuhan air bersih oleh TNI yang merupakan salah satu bentuk bakti ke masyarakat, dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan di Kabupaten Kutai Kartanegara tahun ini dibaktikan untuk Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun," ujar Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kukar) Letkol Infanteri Jeffry Satria di Tenggarong, Ahad.

TMAB merupakan salah satu upaya untuk terus mendukung sejumlah program kemanunggalan TNI dengan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan di tingkat desa, terutama di daerah kesulitan akses air bersih. Dengan program itu diharapkan masyarakat tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mendapatkan air bersih karena lokasi yang jauh.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat punya waktu luang untuk digunakan kegiatan produktif dan biaya air bersih bisa digunakan untuk kebutuhan lain, termasuk menabung. 

Sebelumnya Sabtu (17/2) saat meninjau proses pembangunan bendung untuk penampungan air bersih di Kedang Ipil, Dandim 0906/Kukar berharap pembangunan instalasi air bersih segera tuntas agar manfaatnya segera dirasakan warga. 

Dalam kunjungan tersebut ia didampingi Danramil 0906 - 09/Kota Bangun Kapten Infanteri Sukoco, kemudian perwakilan dari PT Kartika Sela Bumi Mining (KSBM) selaku mitra kerja pembangunan instalasi air bersih di Desa Kedang Ipil.

"Peninjauan yang kami lakukan kemarin untuk memastikan sejauh mana pengerjaan yang telah dilakukan oleh tim. Kami bersyukur ternyata sudah proses pembuatan bendung, sehingga setelah ini dilanjutkan pemasangan jaringan dan bisa selesai secepatnya," kata Dandim.

Ia juga mengatakan,tahun lalu Kodim 0906/Kukar juga berhasil menyelesaikan Program TMAB di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu. Air bersih tersebut kini masih dimanfaatkan warga setempat, setelah diresmikan bersama dengan Bupati Kukar Edi Damansyah pada 13 Mei 2023.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024