Kecamatan Balikpapan Kota gunakan Hotel Mega Lestari untuk pelaksanaan sidang pleno surat suara untuk tingkat Kecamatan Balikpapan Kota, Sabtu (17/2).

"Kami dari kecamatan memfasilitasi mereka yang bekerja agar nyaman," kata Camat Balikpapan Kota, Rosin Suparlan di Balikpapan, Sabtu (17/2).

Menurutnya, pemberian fasilitas ini sebagai wujud peran serta pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk mendukung lancarnya penyelenggaraan pemilu.

Hal ini merujuk pasal 434 Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa pemerintah wajib memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara untuk menjamin suksesnya pelaksanaan tahapan pemilu serentak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Maka kami berikan tempat yang nyaman, tempatnya sejuk karena ada fasilitas seperti AC, kemudian luas yang dapat menunjang keamanan dan kenyamanan, ini agar semua pelaksanaan dapat berjalan lancar," tuturnya.

Bila melihat tempat sidang pleno surat suara dari enam kecamatan se Kota Balikpapan, memang hanya di Kecamatan Balikpapan Kota yang memilih lokasi hotel sebagai wadah untuk sidang pleno.

Untuk di Kecamatan lain, yang digunakan adalah GOR atau Auditorium Kantor Kecamatan, terkecuali di Balikpapan Timur yang menggunakan Asrama Haji sebagai wadah sidang pleno surat suara.

Di Hotel Mega Lestari, digunakan untuk sidang pleno dari lima kelurahan yang ada di Balikpapan Kota, yaitu Kelurahan Prapatan yang memiliki 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kemudian Kelurahan Telaga Sari yang memiliki 48 TPS, Klandasan Ulu dengan jumlah TPS sebanyak 36 TPS, Klandasan Ilir 63 TPS, dan Kelurahan Damai yang memiliki 55 TPS, sehingga bila ditotal Balikpapan Kota memiliki sejumlah 233 TPS.

"Untuk hari ini Pleno untuk Kelurahan Klandasan Ulu dan Prapatan terlebih dahulu, untuk kapan selesainya ini kami masih belum tau kapan," tutur Rosin.

Rosin  juga turut memberikan apresiasi ke penyelenggara pemilu di tingkat kelurahan maupun kecamatan dan seluruh pihak yang telah melaksanakan serta berupaya dengan sebaik-baiknya menjalankan proses pemungutan suara agar bisa berjalan aman dan lancar.

"Semoga kerja keras, semangat, dan dedikasi semua yang terlibat terbayar dengan hasil yang memuaskan," harapnya.(Adv)

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024