Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Persiapan untuk tampil di kegiatan nasional yaitu  Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) pada 23 Agustus 2014 mendatang di Jember (Jatim), terus dimatangkan para talent Tenggarong Kutai Carnival (TKC).

Sebanyak 35 talent TKC mengikuti pengecekan kostum, latihan berjalan di "run way" hingga berlatih bloking area atau penentuan posisi, yang dilaksankan olah TKC dibawah arahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara, di area parkir gedung A-B kompleks perkantoran bupati, Kota Tenggarong, Selasa.

"Pengecekan kostum hari ini guna melihat kembali kekurangan-kekurangan pada kostum, untuk kemudian dibenahi," ujar Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni didampingi Ketua TKC Nur Fajri, disela-sela latihan para talent TKC tersebut.

Selain itu latihan berjalan di "run way" hingga berlatih bloking area atau penentuan posisi, menurut Sri agar para talen TKC yang akan tampil di WACI mendapat gambaran kondisi saat tampil di Jember Agustus mendatang. 

"Supaya mereka ini (talent) sudah mengerti posisi masing-masing dan kemana arah mereka bergerak, sehingga tampil prima di event WACI nanti," harapnya.

Sri Wahyuni mengatakan 35 Talent TKC tersebut 12 orang diantaranya merupakan pemenang event TKC pada Festival Kota Raja tahun lalu, sedangkan sisanya dipilih berdasarkan seleksi. Saat tampil di WACI mendatang, menurut Dia talent TKC tersebut akan membawakan kostum dengan tema Belian, Seraong, dan Anggrek. 

"Tiga tema itu mewakili gambaran budaya, kesenian dan alam Kutai Kartanegara sehingga sedikit memperkenalkan daerah ini melalui kostum karnival," ujarnya

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Dynan Fariz mengatakan, TKC pantas mengikuti WACI karena merupakan bagian dari DPD AKARI Kaltim dan juga TKC aktif secara berturut-turut melaksanakan kegiatan.

"Jadi reputasi TKC sudah jelas dan secara kontinyu tiap tahun menggelar event," ujarnya.

WACI dieselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama AKARI merupakan etalase visualisasi karnaval di Indonesia, yang memiliki karakteristik masing-masing daerah untuk dipublikasikan ke seluruh dunia.

Ajang WACI tahun ini merupakan yang pertama dilaksanakan yang diikuti enam Provinsi yaitu DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Kaltim, Jawa Tengah dan Bangka Belitung serta Jawa Timur sebagai tuan rumah. 

Adapun carnival yang ikut serta dari provinsi terbut yakni,  Jember Fashion Carnaval (JFC), Solo Batik Carnival, Tenggarong Kutai Carnival, Bangka Belitung Carnival, Kuta Carnival, Jakarnaval, Gading Night Carnival dan Semarang Night Carnival. 

WACI dilaksanakan di Jember karena pada Agustus tersebut, bertepatan dengan event Jember Fashion Carnaval International Event yang sudah mendunia. Sehingga WACI mendapat peluang untuk diliput ribuan media dan photografer internasional yang sudah ada di Jember.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014