Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur,  membawa berkah bagi PSM Makassar. Main di kandang Persiba yang kini turun ke Liga 3 itu, Juku Eja sukses menang besar atas Persita Tangerang. Pendekar Cisadane dilabrak Angin Mamiri 4 gol tanpa balas dalam lanjutan pertandingan Liga 1, Minggu 4/2.

Gol-gol PSM dicetak masing-masing oleh Adilson Silva saat pertndingan baru berjalan sembilan menit dan kemudian sekali lagi di menit ke-64, lalu oleh Kenzo Nambu di menit ke-29 dan ke-55. Tambahan dua gol ini membuat Kenzo kini mengantongi 11 gol dan menjadi top scorer di PSM.

Sejak awal pertandingan PSM menunjukkan bahwa mereka benar-benar bermain di kandang dan di depan publik sendiri meski berada 600 km lebih di seberang lautan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Arfan dan kawan-kawan bermain agresif dan memaksa Persita lebih banyak bertahan di daerah sendiri.

Tekanan PSM tak perlu menunggu lama untuk berbuah hasil. Di menit kedelapan, Adilson memburu back pass dan sukses memotong bola dari bek Persita kepada kiper Rendy Oscario. Pemain asal Brasil itu tinggal mendorong bola ke gawang yang kosong, 1-0.

Berselang 20 menit kemudian, dalam kemelut di depan gawang Persita, Kenzo menanduk umpan silang Mansaray Victor dari sayap kiri Benteng Tangerang. Dari tiang jauh, Kenzo dengan leluasa menyambar bola sebab tak dikawal satu pun pemain Persita. Jibaku kiper Rendy tak mampu menahan bola masuk gawang, 2-0.

“Kami benar-benar kesulitan,” kata pelatih Persita Divaldo Alves usai pertandingan.

Dalam pertandingan di pekan ke-24 ini, serangan-serangan PSM acap kali bermula dari sayap kanan Yakob Sayuri. Yakob membawa bola menyusuri tepi lapangan, baru kemudian memberikannya kepada Mansaray yang lalu mengumpankannya kepada Adilson ataupun Kenzo.

Babak kedua skema yang sama tak diubah pelatih Bernardo Tavares. Umpan-umpan cutback dari kedua sayap dua diantaranya sukses diubah jadi gol.

Pada menit ke-55, tendangan jarak jauh Kenzo Nambu tak mampu dihalau kiper. Bola lantas melesat ke pojok bawah kanan gawang, 3-0.

Pelatih Bernardo Tavares bersama Adilson yang mencetak dua gol dalam pertandingan PSM versus Persita Tangerang.  Minggu 4/2 di Stadion Batakan, Balikpapan. (ANTARA/novi abdi)

Tapi Juku Eja tak mengendur. Menit ke-67 Yakob Sayuri menggiring bola dari sisi kanan Persita, mengumpankannya kepada Kenzo yang segera melepaskan tendangan keras menaklukkan kiper.

“Para pemain saya sudah bekerja keras dan kita semua senang dengan hasilnya,” kata Pelatih Bernardo Tavares.

Di menit ke-80, PSM masih mendapatkan peluang menambah gol. Namun kali ini kiper Rendy yang sukses menepis bola. Persita pun balik menekan karena PSM mengendurkan tempo dan hanya bermain penguasaan bola di lini tengah.

Pada menit ke-90, pemain Persita Ambrizal Umanailo merebut umpan Yuran Fernandez dan berhasil mengecoh kiper. Namun demikian, tendangannya malah melenceng. Skor 4-0 untuk PSM. ***

Susunan Pemain
PSM (3-5-2) Reza Arya Pratama (kiper); Yuran Fernandez, Victor Mansaray, Safrudin Tahar; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan (kapten), Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Yakob Sayuri; Muhammad Daffa Salman, Adilson Silva.

Pelatih: Bernardo Tavarez

PERSITA (4-4-2) Rendy Oscario (gk); Christian Rontini, Javlon Guseynov, Muhammad Toha (kapten), Mario Jardel; Bae Sin Yeong, Dwi Andika Cakra Yudha, Ezequiel Vidal, Rifky Dwi Septiawan; Mohcine Hassan Nader, Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Divaldo Alves  

Pewarta: Novi Abdi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024