Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyediakan dana sekitar Rp20 miliar untuk peningkatan kualitas perumahan subsidi di daerah yang akrab disapa Benuo Taka itu.
 
Pemerintah kabupaten, jelas Kepala Bidang Pemukiman dan Pertamanan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Penajam Paser Utara Khairil Achmad di Penajam, Selasa, menyiapkan dana untuk meningkatkan perumahan subsidi menjadi layak huni.
 
Pada anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 dialokasikan lebih kurang Rp20 miliar, lanjut dia, untuk peningkatan jalan, saluran pembuangan air (drainase) dan penerangan jalan perumahan subsidi.
 
"Tetapi rata-rata perumahan subsidi yang menerima bantuan tahun ini butuh peningkatan jalan," tambahnya.
 
Perumahan yang diberikan bantuan antara lain perumahan Rawa Indah Kelurahan Penajam, perumahan Griya Palm Asri Kelurahan Sungai Parit, perumahan Giani, Graha Jasber di Kecamatan Babulu, Bumi Residen Kelurahan Petung, perumahan Nuansa Asri dan lainnya.
 
"Perumahan subsidi harus diberikan bantuan agar menjadi layak huni," ujarnya.
 
Bantuan peningkatan kualitas perumahan subsidi dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011, kata dia lagi, dan pengerjaan fisik akan dilakukan pada akhir 2024.
 
Peningkatan kualitas perumahan subsidi juga masuk dalam salah satu program strategis Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Anggaran untuk meningkatkan perumahan subsidi menjadi layak huni yang disiapkan itu terbanyak untuk perumahan Rawa Indah Kelurahan Penajam, yakni lebih kurang Rp15 miliar.
 
Besaran anggaran bantuan diberikan untuk perumahan Rawa Indah karena sudah terbangun cukup lama dan penduduk sudah padat, menurut dia, tetapi jalan perumahan belum memadai. Kemudian perumahan Rawa Indah memiliki luas mencapai sekitar 15 hektare, sedangkan luas perumahan hanya kisaran lima hektare.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024