Kota Balikpapan menjadi kota dengan keberhasilan pembangunan yang tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur menyusul perolehan 17 anugerah pembangunan dalam HUT ke-67 Provinsi Kaltim pada 9 Januari 2024, dari 10 kabupaten dan kota.

"Kami bersyukur meraih prestasi tersebut. Itu bukan hanya capaian pemerintah daerah, tapi prestasi bagi seluruh rakyat Balikpapan," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud kepada ANTARA di Samarinda, Selasa.

Kota Minyak itu mendapat penghargaan panji pembangunan yang terdiri dari satu panji terbaik, 10 panji terbaik II, dan enam panji terbaik III.

Penghargaan Panji diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemprov Kaltim kepada pemerintah Kabupaten/kota dalam meningkatkan kinerja, prestasi, serta pelaksanaan program-program pembangunan dan pemerintahan.

Panji keberhasilan pembangunan yang diterima Balikpapan yakni di bidang Keagamaan, Bidang Kepariwisataan Kategori Kota, Bidang Sektor Industri, Bidang Perhubungan Kategori Kota, Bidang Kebudayaan, Bidang Pembangunan Kesehatan Tingkat Kota, Bidang Kesejahteraan Sosial, Bidang Lingkungan Hidup.

Baca juga: Balikpapan dilirik Kadin Malaysia untuk investasi dukung IKN

Berikutnya, Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bidang Daya Saing Daerah, Bidang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, Bidang Pengembangan Kompetensi SDM Terintegrasi di Provinsi Kalimantan Timur, Bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Kemudian, Bidang Panji Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat (Trantibun dan Linmas) Tingkat Kota, Bidang Tim Penggerak PKK Berprestasi Kategori Kota serta Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan.
 
"Yang paling utama adalah bagaimana bisa mengimplementasikan keberhasilan ini untuk tujuannya kepada masyarakat," ujar Rahmad.
 
Lewat prestasi itu, Rahmad Mas'ud berharap Balikpapan semakin punya peranan strategis dan penting di Kaltim, terutama jelang pemindahan Ibu Kota Nusantara.
 
Dua sektor utama di Balikpapan, lanjutnya, akan terus menjadi motor perekonomian kota itu di Kalimantan Timur yaitu industri dan pariwisata, selain jasa transportasi udara dan laut.
 
Selain Balikpapan, kota dan kabupaten lain di Kaltim juga menerima panji keberhasilan pembangunan pada 2024. Kabupaten Kutai Kartanegara meraih 13 panji, Kabupaten Berau mendapatkan 7 panji, Kota Samarinda dengan 7 panji, Kabupaten Paser 6 panji, Kota Bontang 5 panji, Kabupaten Kutai Timur 3 panji, Kabupaten Penajam Paser Utara 1 panji, Kabupaten Kutai Barat 1 panji, dan Kabupaten Mahakam Ulu 1 panji.

Baca juga: Bandara Sepinggan Balikpapan layani lima juta penumpang tahun 2023

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024